Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Partai Angela Merkel Sodorkan Jagoannya Sebagai Kanselir Jerman, Siap Jadi Penantang Utama Annalena Baerbock

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 20 April 2021, 13:19 WIB
Partai Angela Merkel Sodorkan Jagoannya Sebagai Kanselir Jerman, Siap Jadi Penantang Utama Annalena Baerbock
Armin Laschet/Net
rmol news logo Partai pendukung Angela Merkel, Christian Democratic Union (CDU) telah menyatakan dukungannya kepada Armin Laschet sebagai calon kanselir pada pemilihan umum Jerman yang akan datang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pencalonan tersebut datang setelah mayoritas 77,5 persen pengurus partai - 31 anggota - memberikan suara dukungan dalam pemungutan suara yang berakhir pada Selasa (20/4) dini hari waktu setempat.

Sementara pesaingnya, Perdana Menteri Bavaria, Soeder, pemimpin partai CSU, mengumpulkan 22,5 persen dengan 9 suara.

Soeder, yang lebih populer daripada Laschet dalam survei opini, sebelumnya mengatakan dia akan menerima keputusan CDU dan mundur ‘tanpa dendam’ jika anggota senior lebih menyukai saingannya.

“Ini tentang jawaban terbaik untuk pertanyaan mendesak di masa depan. Dan saya siap mencalonkan diri atas nama kami,” kata Laschet setelah dewan memberikan suara, seperti dikutip dari DW, Selasa (20/4).

Laschet adalah sekutu lama Merkel, dan saat ini menjabat sebagai perdana menteri negara bagian paling padat penduduk di Rhine-Westphalia Utara. Pencalonannya telah mendapatkan dukungan dari petinggi CDU minggu lalu.

Soeder mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa CDU, sebagai ‘partai saudara yang lebih besar’ memiliki suara terakhir dalam menentukan siapa yang akan dikirim ke dalam perlombaan untuk menggantikan posisi Merkel.

“Kami tidak mau dan kami tidak akan melihat keretakan antara CSU dan CDU," tegasnya.

Jajak pendapat baru-baru ini oleh penyiar publik ARD menunjukkan 44 persen orang Jerman mendukung Soeder sebagai sosok yang paling memenuhi syarat sebagai calon kanselir CDU-CSU. Sementara Laschet hanya mendapat 15 persen dukungan.

Berbicara pada konferensi video larut malam hari Senin, Volker Bouffier, perdana menteri regional negara bagian Hesse yang mendukung Laschet, memperingatkan bahwa keputusan dewan ‘mungkin tidak diterima’ oleh basis partai.

Kekacauan di kubu konservatif juga sangat kontras dengan partai Hijau kiri-tengah, pemungutan suara kedua di belakang CDU-CSU, yang pada hari Senin mengumumkan ketua bersama Annalena Baerbock sebagai calon kanselirnya pada acara pers yang apik tanpa tanda-tanda perselisihan. .

Mengucapkan selamat kepada Baerbock atas pencalonannya, Laschet menjanjikan “kampanye pemilihan yang adil” dan mendesak partai-partai untuk “menghormati” satu sama lain dalam peringatan terselubung kepada Soeder.

Jerman akan memilih parlemen baru pada bulan September mendatang. Hasilnya bisa mengubah keseimbangan kekuasaan dan memberi kesempatan pada partai baru untuk mengisi posisi puncak sebagai kanselir.

Partai Hijau Jerman mengumumkan kandidat pertama mereka pada Senin (19/4). Dalam konferensi pers yang dikutip dari BBC, partai mengumumkan suara bulat mereka untuk menunjuk Annalena Baerbock. Itu artinya, ia akan menjadi satu-satunya kandidat perempuan untuk menggantikan Kanselir Angela Merkel yang akan pensiun pada September mendatang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA