Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Telepon, China Dan Vietnam Sepakat Saling Dukung Antara Dua Saudara Lama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 April 2021, 15:48 WIB
Lewat Telepon, China Dan Vietnam Sepakat Saling Dukung Antara Dua Saudara Lama
Menteri Luar Negeri Vietnam Bui Thanh Son/Net
rmol news logo Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Vietnam yang baru, Bui Thanh Son, pada Jumat (16/4) waltu setempat.

Kepada Son, Wang mengatakan, bahwa China, sebagai kawan dan saudara, akan terus mendukung Vietnam dengan tegas dalam mengambil jalan sosialis untuk masa depan yang lebih baik.

Wang juga mengatakan China dan Vietnam adalah tetangga yang bersahabat dan mitra penting bagi satu sama lain, dan kedua negara telah berpegang teguh pada kepemimpinan partai komunis serta tujuan sosialis masing-masing, seraya menambahkan bahwa kedua negara punya masa depan bersama yang memiliki signifikansi strategis.

Dalam kesempatan tersebut, Wang mengatakan bahwa China bersedia memperkuat pertukaran persahabatan antara kedua pihak dan kedua negara di semua tingkatan dengan Vietnam, mempercepat kerja sama di bidang anti-epidemi, perdagangan dan investasi, infrastruktur dan bidang lainnya, mempercepat sinergi Belt and Road Initiative.

Bui Thanh Son, pada bagiannya, mengatakan: "Mempertahankan dan mengembangkan persahabatan tradisional dan kemitraan kerjasama strategis yang komprehensif antara Vietnam dan China adalah pilihan tegas dan prioritas diplomatik Vietnam."

"Sebagai kawan dan saudara, Vietnam mendukung pembangunan China, serta peran pentingnya dalam menjaga perdamaian dan pembangunan di kawasan dan dunia yang lebih luas, dan kontribusi yang lebih besar untuk diberikan kepada tujuan sosialis dunia," katanya, seperti dikutip dari CGTN, Sabtu (17/4).

 Saat ini, kata Son, karena Vietnam dan China berada pada tahap kritis untuk mewujudkan tujuan pembangunan strategis masing-masing. Maka dari itu, mempromosikan pembangunan hubungan yang stabil antara kedua pihak dan kedua negara sangat penting bagi kedua belah pihak.

"Vietnam siap memperkuat kerja sama dengan China di berbagai bidang dan pertukaran di semua tingkatan, dengan penuh semangat mendorong kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi dalam periode pasca pandemi, meningkatkan konektivitas di bidang transportasi dan infrastruktur, meningkatkan kerja sama maritim, dan bersama-sama. menjaga perdamaian dan stabilitas maritim," katanya.

"Vietnam mendukung peningkatan posisi strategis hubungan ASEAN-China, dan mengadakan pertemuan khusus menteri luar negeri pada peringatan 30 tahun hubungan dialog ASEAN-China, dan siap bekerja sama dengan China untuk memajukan kerja sama Lancang-Mekong," tambah Son.

Ia juga mengatakan, kedua pihak diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan kerja sama di lembaga multilateral seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Selama pembicaraan telepon, kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan sesi baru Komite Pengarah Kerja Sama Bilateral China-Vietnam guna mengoordinasikan upaya mereka dalam mempromosikan pertukaran bilateral dan kerja sama di berbagai bidang secepatnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA