Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Perekonomian Top, Alumni Kartu Prakerja Bisa Ikut Program KUR Super Mikro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 09 April 2021, 15:10 WIB
Menko Perekonomian Top, Alumni Kartu Prakerja Bisa Ikut Program KUR Super Mikro
Pengamat ekonomi dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendi/Net
rmol news logo Inisiasi penyaluran KUR untuk bisa dimanfaatkan "alumni" program Kartu Prakerja, seperti yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dinilai positif oleh pengamat ekonomi dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendi.

Yusuf berpendapat program tersebut akan dapat menggerakkan perekonomian.

"Tentu, karena UMKM menyumbang 60 persen dari kue ekonomi Indonesia," ujar Yusuf Rendi ketika dihubungi, Jumat (9/4).

Menurutnya, program KUR yang dikeluarkan pemerintah dalam hal ini Kemenko Perekonimian merupakan hal positif untuk para pelaku usaha dan bisa mendapatkan pelatihan.

"Saya kira inisiasi KUR yang bisa dimanfaatkan oleh alumni program Kartu Prakerja merupakan sesuatu yang baik. Artinya, skil yang mereka dapatkan dalam pelatihan bisa langsung diaplikasikan," katanya.

Namun, Yusuf juga mengingatkan, untuk menjaga agar para wirausahaan baru itu bisa memperluas akses pembiayaannya, maka penting dilakukan proses pendampingan oleh pemerintah. Terutama agar bisnis yang mereka jalankan bisa sustain.

"Pendampingan bisa berupa konsistensi dalam pelaporan laporan keuangan, pemasaran, hingga konsultasi," imbuhnya.

Dalam acara Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR, yang dilakukan secara virtual, Kamis (8/4), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, para lulusan dari Kartu Prakerja bisa ditawarkan untuk KUR super mikro yang besarnya di bawah Rp 10 juta.

Selain KUR super mikro, ada program KUR dengan pembiayaan yang lebih besar yaitu KUR mikro, KUR kecil, hingga KUR TKI. Diharapkan, para alumni peserta Kartu Prakerja bisa mengembangkan usahanya sebaik mungkin usai mengakses KUR super mikro lalu bisa mengakses KUR yang lain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA