Farah.ID
Farah.ID

Desain Istana Negara Ibukota Baru Dikritik, Guspardi Gaus: Seharusnya Disayembarakan Dahulu

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 07 April 2021, 02:35 WIB
Desain Istana Negara Ibukota Baru Dikritik, Guspardi Gaus: Seharusnya Disayembarakan Dahulu
Desain Istana Negara Ibukota Negara di Kalimantan Timur/Net
Kemunculan desain 'Istana Garuda’ mengundang polemik di kalangan masyarakat hingga menimbulkan pro dan kontra.

Tidak sedikit masyarakat tidak sepakat mengenai adanya desain garuda untuk istana negara yang akan dibangun di ibukota negara baru di Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah memamerkan pradesain istana negara itu melalui video berdurasi 2 menit 7 detik di akun Instagram pribadinya.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus pun mengkritisi soal desain istana garuda yang terkesan tiba-tiba muncul.

Guspardi mengusulkan, seharusnya soal desain istana negara tersebut disayembarakan terlebih dahulu sebelum dipamerkan.

"Kita dikagetkan dengan adanya 'Istana Garuda' tersebut. Kalau dapat pemerintah melakukan sayembara. Jadi dipertandingkan, mana desain yang paling bagus dan representatif, itu yang akan dipilih,” kata Guspardi kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/4).

Menurutnya, tim penguji sayembara itu bisa dilakukan oleh pemerintah seperti yang sebelumnya dilakukan. Menurutnya, dengan adanya sayembara desain istana negara masyarakat merasa lebih memiliki.

"Karena adanya keterbukaan dan masyarakat merasa dilibatkan dalam disain istana negara. Sekarang kan sekonyong-konyong sudah ada,” imbuhnya.

Legislator Fraksi PAN asal Sumatera Barat ini menegaskan, jika nanti didapati seorang pemenang, masih memungkinkan diperbaiki dan disempurnakan kembali sesuai dengan semangat IKN itu dibangun.

"Artinya  keterlibatan masyarakat itu sangat penting. Yang terlibat kan representatif dari masyarakat dari kaum profesioanl yang mengerti dan memang ahli dibidangnya. Kita harap pemerintah menggelar sayembara. Walaupun hari ini pemerintah mengatakan masih pradesain,” tegasnya.

"Akan lebih elok, kalau disain itu disayembarakan sehingga tidak menimbulkan pro dan kontra terhadap desain istana negara. Itu intinya,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta masukan masyarakat atas pradesain kantor kepresidenan atau istana negara ibukota negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Provinsi Kalimantan Timur.

ARTIKEL LAINNYA