Dr. Rizal Ramli Dan Cita-cita Pendiri Gontor

Sabtu, 06 Maret 2021, 09:45 WIB

Tokoh bangsa Dr. Rizal Ramli bersama ribuan santriwati, di Pesantren Gontor Putri Kampus 1 di Mantingan-Ngawi tahun 2017/Net

PENDIRI Pondok Pesantren Modern Gontor pada tahun 1926 (tiga bersaudara) KH. Ahmad Sahal, KH. Imam Zarkasyi, dan KH. Zainuddin Fannany.

Mereka bercita-cita mendirikan, membangun dan melahirkan generasi dan pemimpin bangsa yang tangguh, yang kreatif, inovatif, mandiri dan aktif serta patriotik yang beremphati pada rakyat dan bangsa Indonesia demi kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bersama.

Jiwa yang bebas dari ikatan kelompok ormas, tidak NU dan tidak Muhammadiyah, dengan slogan berdiri di atas dan untuk semua golongan/Trimurti Gontor. Generasi yang ikutan di dalam membangun bangsa dengan ilmu dan kreatifitas mandiri, bukan menjadi babu karena jabatan dan kedudukan, generasi bangsa yang mampu mencipta lapangan pekerjaan, bukan generasi proposal.

Hal ini ditegaskan oleh para pendiri Gontor kepada para santrinya dengan semboryan; (jangan bercita-cita jadi pegawai negeri dan apabila menjadi pegawai negeri, maka jangan bermental robot/KH. Imam Zarkasyi). Bermental robot yang hanya bekerja atas suruhan atasan, dan demi kepuasan atasan, sehingga tidak punya nurani/kreasi dan menjadi suruhan para atasan hanya mendapat kesenangan sedikit.

Jelas yang menjadi prinsip dan falsafah hidup sebagai seorang warga negara yang di gembleng oleh para pendiri Gontor itu sangat nyata dalam jiwa dan sikap serta watak dan perjuangan seorang Rizal Ramli. Independen tidak terlibat secara formal pada parpol apapun.
 
Dari pengamatan terhadap track record dan pergerakannya Rizal Ramli yang dikenal dengan panggilan RR tidak bermental mencari jabatan dan kedudukan. Teruji punya integritas disaat menjadi pejabat tidak cacat dan tergoda korup, tidak berjiwa robot, bahkan RR gunakan kedudukan secara maksimal untuk berpihak terhadap kepentingan bangsa dan rakyat, walau dengan resiko kehilangan jabatan/dipecat.

Bahkan di luar pemerintahan pun RR tetap berperan sangat aktif, kreatif dan inovatif mengkritisi dan memberi solusi segala yang terkait kepentingan bangsa dan rakyat. Fakta RR sangat terlihat sejak keluar dari pemerintahan, hingga saat ini telah berkontribusi nyata bahkan mengambil alih fungsi DPR sebagai check and balance tanpa biaya. Malah rela untuk dihujat dan dimaki oleh para buzzer sewaan.

Penulis ketika membaca banyak biografi dan track record Dr. Rizal Ramli, memberi kejelasan bagi penulis bahwa anak bangsa ini berkaliber, berbobot berbibit berbabat, serta punya integritas. Seperti Dr. Rizal Ramli inilah yang dicita-citakan oleh para pendiri Gontor. Artinya, Dr. Rizal Ramli ini adalah alumni dari cita-cita para pendiri Gontor. Penulis tidak sabar untuk menghadirkan Dr. Rizal Ramli ke Gontor dan mempertemukan dengan para kiai pimpinan Gontor pada tahun 2017.

Dalam perjalanan bersama dari Bandara Solo menuju Gontor, penulis sangat kaget penuh bahagia, setelah mendengar dari Dr. Rizal Ramli sendiri bahwa Dr. Rizal Ramli pernah menginap di Gontor selama 7 hari pada tahun 1976 saat masih mahasiswa di ITB Bandung, bersama temannya alm. Irzadi Mirwan. Saat itu Dr. Rizal Ramli dalam perjalanan kajian lapangan di kawasan Jawa Timur untuk melihat realita pendidikan Indonesia saat itu.

RR begitu beliau dipanggil sangat kagum pada sistim pendidikan Gontor sehingga beliau memutuskan untuk menginap selama 7 hari, mengecapi semua regulasi pendidikan dalam program seminggu.

Dalam kunjungan bersama penulis tahun 2017 selama 3 hari 2 malam ke Gontor, Dr. Rizal Ramli memaksimalkan waktunya untuk bertemu dengan semua kalangan dengan enam program di empat lokasi Gontor yang berbeda dan berjarak. Gontor Putri Kampus 1 di Mantingan-Ngawi, Gontor Pusat (Putra Kampus 1) Ponorogo, Kampus Universitas Darussalaam Gontor, Desa Siman Ponorogo dan, Gontor Putra Kampus 3 di Kediri.

Di saat silaturahim dengan KH. Hasan Abdullah Sahal di rumah pimpinan pondok Gontor, terlihat sangat akrab seakan tidak asing. Sebab kedekatan karakter dan watak serta cita-cita dan mental perjuangan.

Bangganya seorang pimpinan Gontor begitu mengetahui bahwa Dr. Rizal Ramli pernah menginap/belajar tujuh hari di Gontor. Dengan penuh bahagia, KH. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan bahwa, Dr. Rizal Ramli adalah anggota istimewa Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM) Gontor. IKPM adalah organisasi ikatan alumni yang di bawahi langsung oleh Gontor.

Semoga cita-cita pendiri Gontor agar negara ini kelak dipimpin oleh anak bangsa yang berkaliber dan berkarakter, amanah, berintegritas, pro kepada kepentingan bangsa dan rakyat. Sesuai dengan cita-cita kemerdekaan dan konstitusi dapat terwujud melalui seorang Dr. Rizal Ramli yang akan maju pada Pilpres 2024 nanti. InsyaAllah.

KH. Dr. Iqbal Kliwo
Penulis alumnus Gontor dan Al Azhar Mesir.

Komentar


Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet Dan Koalisi 2024

Selasa, 20 April 2021
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Di Cileungsi, Mobil Box Parkir Ditabrak Mobil Box

Selasa, 20 April 2021

Artikel Lainnya

Peran Kartini Zaman Now, Bagi Pemberantasan Korupsi Di Indonesia
Publika

Peran Kartini Zaman Now, Bag..

21 April 2021 15:21
Kehidupan Rapuh Dunia Digital
Publika

Kehidupan Rapuh Dunia Digita..

21 April 2021 14:31
Nasib Warga Muslim Yang Minoritas di Komplek Perumahan Taman Villa Meruya
Publika

Nasib Warga Muslim Yang Mino..

21 April 2021 10:31
Teater Politik Vaksin Nusantara
Publika

Teater Politik Vaksin Nusant..

21 April 2021 09:53
Minta Dibimbing IMF & World Bank, Sri Mulyani Mengaktualisasikan Kolonialisme...
Publika

Minta Dibimbing IMF & World ..

20 April 2021 00:36
Media, Dari Terusan Suez Ke Vaksin Nusantara
Publika

Media, Dari Terusan Suez Ke ..

19 April 2021 14:28
Menebak Arah Politik Jokowi Di Pilpres 2024
Publika

Menebak Arah Politik Jokowi ..

19 April 2021 13:20
Sinuhun Patgulipat Aset PGN Dengan Pertamina Malah Amblas, Kedua Perusahaan Merugi
Publika

Sinuhun Patgulipat Aset PGN ..

19 April 2021 00:16