Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bandingkan Pengambilalihan PDIP Di Zaman Orba, Saiful Mudjani: Sekarang Ironi Luar Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 05 Maret 2021, 22:06 WIB
Bandingkan Pengambilalihan PDIP Di Zaman Orba, Saiful Mudjani: Sekarang Ironi Luar Biasa
Ketua Umim Partai Demokrat, Agus Harimurthi Yudhoyono/Net
rmol news logo Kejadian pengambilalihan Partai Demokrat oleh kader, eks kader dan pihak eksternal lewat Kongres Luar Biasa (KLB) menuntut Pendiri Saiful Mudjani Research and Conculting (SMRC), Saiful Mudjani, ikut berkomentar.

Dia memberikan gambaran perbandingan antara kejadian pengambilalihan kekuasaan di dalam partai di era orde baru (Orba) dengan yang terjadi di era Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, ada perbedaan yang signifikan terjadi antara yang menimpa Partai Demokrat yang diketuai oleh Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) dengan satu partai yang pemimpinnya di kudeta waktu di zaman Orba.

"Zaman Orba saja yang otoriter pengambilalihan kekuasaan lewat KLB oleh kader partai sendiri. Kasus PDI misalnya," ujar Saiful Mudjani di akun Twitternya, @saiful_mujani pada Jumat (5/3).

Namun, dengan melihat pengambilalihan Partai Demokrat yang di dalamnya ada keterlibatan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Saiful Mudjani merasa prihatin.

Sehingga, jika melihat pengalaman hari ini dan apa yang terjadi di masa lalu, Saiful Mudjani mencatat kejadiam KLB Partai Demokrat sebagai sejarah pertama pengambilalihan kekuasaan partai oleh pejabat negara.

"Di era demokrasi sekarang, Demokrat justru diambilalih oleh pejabat negara yang mestinya melindungi semua partai. Ironi luar biasa," tuturnya.

"Kejadian pertama partai dibajak orang luar partai," demikian Saiful Mudjani menutup. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA