Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Sederet Tugas Para Kapolda Baru Dari Kapolri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 04 Maret 2021, 13:24 WIB
Ini Sederet Tugas Para Kapolda Baru Dari Kapolri
Beberapa Perwira Tinggi (Pati) Polri yang melakukan upacara sertijab di Rupatama Mabes Polri/Ist
rmol news logo   Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan upacara serah terima jabatan dan kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) di lingkungan Mabes Polri dan beberapa Kapolda. Upacara dilakukan di Rupatama Mabes Polri. Sebanyak 19 pati Polri melakukan serah terima jabatan dan mendapatkan kenaikan pangkat.

Dalam sambutannya, Kapolri menyampaikan beberapa pesan kepada pejabat baru yang dilantik, terutama masalah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Dia mengatakan, para pejabat baru yang dilantik terutama Kapolda yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Pejabat baru agar melaksanakan PPKM mikro bagi yang masuk dalam 7 Polda, sedangkan yang lain melaksanakan kegiatan imbangan," kata Listyo di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/3).

Jenderal bintang empat itu mengingatkan munculnya varian Covid-19 baru yang sangat cepat penyebarannya. Untuk itu, Sigit meminta jajarannya untuk mengantisipasi.

Mantan Kapolda Banten ini juga meminta jajarannya untuk cepat melakukan 3T yaitu testing, tracing dan treatment. Pastikan anggotanya agar melaksanakannya dengan baik.

"Berikan reward bagi anggota yang telah melakukan zona merah menjadi zona hijau," katanya.

Koordinasi penanganan Covid-19 dengan unsur forkopimda, kata Sigit, juga sangat penting dilakukan agar kasusnya dapat menurun. Mantan Kabarareskrim Polri juga meminta agar jajarannya selalu mengawal program vaksinasi nasional yang saat ini sedang berlangsung.

Selain program penanganan Covid-19, Sigit juga memerintahkan jajarannya membantu pemerintah mengawal program pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.

"Laksanakan, pengawasan dan pendampingan program dari pemerintah seperti UMKM. Proyek padat karya oleh pemerintah pusat maupun daerah berikan pendampingan agar dikawal," katanya.

Anggota Polri, lanjut Sigit, diminta mendengar keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan memberikan solusi agar mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Semoga perkembangan ekonomi bisa kembali normal maka perlu pendampingan dengan baik," katanya.

Terakhir, dia mengingatkan jajarannya soal penanganan perkara dengan mengedepankan restorativ justice, agar rasa keadilan dirasakan dan diawasi pelaksanaan agar tidak terjadi penyelewengan.

"Lalu tentang mafia tanah seperti pengembangan perkebunan dan lain-lain mohon jadi perhatian," katanya.

Terdapat tujuh posisi yang diserahterimakan dari pejabat lama ke pejabat baru. Antara lain, Koorsahli Kapolri dari Irjen Nana Sudjana kepada Irjen Martuani Sormin. Lalu, Kapolda Sumatera Utara dari Irjen Martuani Sormin diserahterimakan kepada Irjen Panca Putra.

Lalu Kapolda Sulawesi Utara dari Irjen Panca Putra kepada Irjen Nana Sudjana. Kemudian Kapolda Lampung Irjen Purwadi kepada Irjen Hendro dan terakhir jabatan Kapolda Papua dari Komjen Paulus Waterpauw kepada Irjen Matius Fakiri.

Adapun 19 Pati yang mendapat kenaikan pangkat antara lain dari Irjen ke Komjen sebanyak satu orang yakni Komjen Paulus Waterpauw yang kini menjabat sebagai Kabaintelkam.

Brigjen ke Irjen empat orang, antara lain; Irjen Mathius D Fakhiri, Irjen Syahardiantono, Irjen Suryanbodo Asmoro dan Irjen Abdul Kadir.

Lalu dari pangkat Kombes naik menjadi Brigjen tujuh orang mereka adalah, Brigjen Eko Rudi Sudarto, Brigjen Pipit Rismanto, Brigjen M Mustaqiem, Brigjen Hariyanto, Brigjen Ahmad Alwi, Brigjen Rudi Hartono dan Brigjen Samudi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA