Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Cuaca Ekstrem, Anies: Tingkatkan Kinerja Agar Curah Hujan Menjadi Rahmat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 22 Februari 2021, 13:57 WIB
Hadapi Cuaca Ekstrem, Anies: Tingkatkan Kinerja Agar Curah Hujan Menjadi Rahmat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan jajarannya terus bersiaga dalam menghadapi cuaca ekstrem.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut sebagaimana menyikapi data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memprediksikan seluruh wilayah DKI Jakarta masih berpotensi hujan lebat hingga tanggal 25 Februari 2021.

"Kami di Pemprov DKI Jakarta terus bersiaga karena ramalan cuaca dari BMKG menyampaikan bahwa pulau Jawa, khususnya di kawasan pesisir utara masih memiliki risiko curah hujan ekstrem seperti kita alami hari Sabtu dan Minggu kemarin," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Senin (22/2).

Orang nomor satu di Ibukota itu pun bersyukur, Pemprov DKI Jakarta dalam mengendalikan banjir bisa dilakukan dalam waktu cepat.

"Dalam waktu satu hari semuanya sudah bisa tertangani dengan baik," sambung Anies seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memastikan, Pemprov DKI akan terus meningkatkan kinerjanya dalam mengatasi banjir.

"Sehingga curah hujan yang turun di kawasan Jabodetabek khususnya Jakarta bisa menjadi rahmat dan kita kurangi sesedikit mungkin dampaknya bila ada curah hujan yang ekstrem," pungkasnya.

BMKG sendiri menyebut hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi akan terjadi pada tanggal 23 hingga 24 Februari 2021. Puncak musim hujan di wilayah Jabodetabek diperkirakan masih berlangsung pada akhir Februari hingga awal Maret 2021.

Selain hujan dengan intensitas tinggi, juga perlu diwaspadai peningkatan gelombang tinggi disejumlah perairan di wilayah Indonesia yaitu gelombang dengan ketinggian 2,5 - 4 meter (kategori tinggi).

Adapun musim hujan 2021 ini dipengaruhi dengan fenomena iklim global La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan dan berlangsung setidaknya hingga Mei 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA