Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JMSI Aceh: Kesepakatan Dewan Pers Dan Kompolnas Dorong Ekosistem Pers Yang Sehat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 05 Februari 2021, 04:55 WIB
JMSI Aceh: Kesepakatan Dewan Pers Dan Kompolnas Dorong Ekosistem Pers Yang Sehat
Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh/Ist
rmol news logo Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh menyambut baik kerjasama Dewan Pers dan Kompolnas
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua JMSI Aceh, Hendro Saky mengatakan, kerjasama itu sebagai sebuah kemajuan penting dalam kehidupan berdemokrasi dan penciptaan ekosistem pers yang sehat.

"Apalagi sebelum ini Dewan Pers melakukan MoU dengan Kapolri terkait kerja-kerja jurnalistik," kata Hendro kepada Kantor Berita RMOLAceh, Kamis (4/2).

Hendro mengatakan Dewan Pers di bawah kepemimpinan Mohammad Nuh bergerak lebih maju dengan membangun kembali kesepahaman kembali dengan Komponas. Salah satu bagian penting dari kesepahaman itu adalah jaminan kerja jurnalistik yang dilakukan oleh jurnalis.

Lanjutnya, kebebasan pers, di bawah UU Pers, adalah menjadi salah satu pilar penting dalam penegakan hukum. Sehingga kriminalisasi terhadap wartawan ataupun upaya mengkriminalkan wartawan itu tidak dapat dilakukan terhadap satu produk jurnalistik.

Dia berharap kesepahaman antara Dewan Pers dan Komponas ini ditindaklanjuti di tingkatan jajaran institusi lainnya, seperti yang tertuang dalam butir-butir kesepakatan antara Dewan Pers dan Kompolnas.

Komisi Kepolisian Nasional dan Dewan Pers sepakat untuk mendorong Kepolisian Republik Indonesia menangani kasus-kasus pers menggunakan UU Pers. Hal ini diharapkan dapat menekan angka kekerasan dan kriminalisasi pers.

Dalam nota kesepakatan antara Kompolnas dan Dewan Pers, disepakati kerja sama dua lembaga itu untuk pemberdayaan dan optimalisasi Kompolnas dengan Dewan Pers. Surat itu ditandatangani leh Ketua Kompolnas Mahfud MD dan Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh.

"Kompolnas dan Dewan Pers akan bertukar informasi dan melakukan koordinasi intensif jika muncul indikasi pemidanaan terhadap pers (perusahaan pers maupun individu wartawan)," kata Mahfud. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA