Tiga Juta Penonton Lieus Untuk Kebenaran

Senin, 11 Januari 2021, 10:53 WIB

Lieus Sungkharisma dan Refly Harun/Net

DIALOG politik Lieus Sungkharisma di kanal youtube Acara Refly Harun menuai rekor penonton lebih dari tiga juta dalam kurun sebulan plus seminggu sejak ditayangkan awal Desember 2020 lalu menjadi fenomenal di kanal tersebut. Terbanyak yang dapat dicapai oleh tamu yang diundang langsung host acara yaitu Refly Harun.

Kontennya spesifik menggambarkan sosok Habib Rizieq Shihab yang ramah menerima kunjungan saudara-saudara Tionghoa dari latar belakang kepercayaan dan agama yang berbeda. Kormanya besar-besar, kenang Lieus saat dia dan rekan-rekannya dijamu makan sekalian buka puasa bersama. Mengajak buka puasa kepada saudara-saudara yang non Muslim yang nota bene tidak berpuasa adalah bentuk ketulusan umat Islam yang dirasakan Lieus dkk.

Disinggung pula tentang kunjungan ke Pondok Pesantren di Megamendung. Sederhana namun asri dan yang lebih menyejukan selain udara disana adalah sambutan yang begitu ramah tamah mulai dari jalan masuk hingga kedalam Ponpes.

Namun yang kiranya menarik untuk disimak adalah Lieus mengemukakan bagaimana dahulu para anggota FPI yang melakukan sweeping pelanggaran moral etika masyarakat muslim hanyalah ke tempat-tempat yang telah dilaporkan kepada aparat karena adanya praktik minuman keras dan prostitusi namun tidak mendapat respon yang semestinya.

Tidak ada yang dirugikan termasuk pedagang Tionghoa bila bukan usaha yang melanggar peraturan susila, sehingga stigma HRS radikal pun tenyata hanya isapan jempol para lawan politik yang tidak menyukai sosok HRS. Ini salah satu bagian yang menarik dari isi dialog yang programnya berjudul “Dicecar Show” itu.

Disisi lain menurut catatan yang ada dalam kurun 15 tahun terakhir FPI lebih memfokuskan dirinya pada kegiatan lapangan sosial dengan terjun diberbagai medan bencana alam khususnya yang berskala besar seperti Tsunami Aceh dan Gempa Palu, juga bencana-bencana lokal dan insiden seperti banjir bandang, kebakaran dan semacamnya. Untuk catatan ini kita harus akui kehebatan pengorbanan tim relawan FPI itu.

Mungkin itu sebabnya dialog ringan namun serius yang ter-upload di kanal acara itu menjadi trend hausnya publik akan kisah-kisah sejati yang kebenarannya semakin langka untuk diungkapkan dan terbukti dengan pencapaian penonton atas unggahan itu mencapai lebih dari tiga juta dalam waktu relatif singkat, selamat buat bang Lieus dan bang Refly Harun, terus berkarya suarakan kebenaran sejati.

Adian Radiatus

Pemerhati sosial politik

Kolom Komentar


Video

Gempa Mamuju, Ustad Das\'ad Latif Nyaris Jadi Korban

Jumat, 15 Januari 2021
Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021

Artikel Lainnya

Mendorong Koalisi Masyarakat Sipil Lapor Ke Pengadilan Kejahatan Internasional
Publika

Mendorong Koalisi Masyarakat..

16 Januari 2021 12:36
In Memoriam Yazirwan Uyun: Selamat Jalan Sahabat Yang Baik Hati
Publika

In Memoriam Yazirwan Uyun: S..

15 Januari 2021 11:49
Dalam Hal Tolak Vaksin, Aceh Berkerabat Dengan Rusia
Publika

Dalam Hal Tolak Vaksin, Aceh..

15 Januari 2021 11:25
Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Institusi Polri, Indonesia Maju, Dan Persatuan Nasional
Publika

Jenderal Listyo Sigit Prabow..

15 Januari 2021 09:58
Pesta Raffi Dan Ahok Mengolok Negara
Publika

Pesta Raffi Dan Ahok Mengolo..

15 Januari 2021 09:26
Komjen Listyo Sigit Dan Angin Segar Kebhinnekaan Kita
Publika

Komjen Listyo Sigit Dan Angi..

15 Januari 2021 01:40
No Threat Of Radicalism
Publika

No Threat Of Radicalism

14 Januari 2021 22:57
Hore, Ketua KPU Dipecat
Publika

Hore, Ketua KPU Dipecat

14 Januari 2021 09:40