Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Irjen Tomsi Tohir: Kemajemukan Ciri Bangsa Indonesia, Harus Dipupuk Dengan Rasa Saling Menghargai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 20 November 2020, 23:21 WIB
Irjen Tomsi Tohir: Kemajemukan Ciri Bangsa Indonesia, Harus Dipupuk Dengan Rasa Saling Menghargai
Irjen Tomsi Tohir/Net
rmol news logo Staf Ahli Kapolri bidang sosial dan politik (Sosbud) Irjen Tomsi Tohir memberikan pandangannya dalam webinar pra munas 2020 Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Webinar tersebut mengambil tema "Partisipasi Masyarakat Sipil dalam Membangun Demokrasi yang Sehat", disiarkan live streaming melalui Youtube PKS TV, Jumat malam (20/11).

Mantan Kapolda Banten ini mengatakan, bahwa ciri bangsa Indonesia ialah kemajemukan. Terdiri dari ratusan suku bangsa, adat istiadat, bahasa dan agama.

Kemajemukan bangsa Indonesia, kata Tomsi, juga tercermin dalam Al Quran surat Al-Hujarat ayat 13.

"Maka agar persatuan dan kemajemukan selalu terjaga dan mampu untuk terus menjaga yang kita miliki, kita harus memupuk kekompakan dan menjalin rasa saling menghargai," kata Tomsi.

Kerangka atau bangunan cara berpikir ini, yang menurutnya perlu terus ditumbuhkan dalam cakupan ideologi Pancasila. Jika tidak demikian, Tomsi menekankan, konfiklah yang akan selalu timbul dan menjadi ancaman serius bagi perastuan Indonesia.

Disisi lain, dalam konteks berdemokrasi, Tomsi mengingatkan untuk memposisika sikap toleransi terhadap kemajemukan. Dengan begitu, kita tidak terjebak dalam pluralisme sempit yang lebih mengedepankan kebenaran mutlak satu golongan atau kelompok daripada golongan atau kelompok yang lain.

Selain Irjen Tomsi Tohir, pembicara lain dalam webinar pra munas PKS 2020 bertajuk "Partisipasi Masyarakat Sipil dalam Membangun Demokrasi yang Sehat" juga menghadirkan mantan Wapres Jusuf Kalla, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, Budayawan Jaya Suprana dan Kepala P2P-LIPI Prof Firman Noor. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA