Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Covid-19 Telah Mengubah Aturan Permainan

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/arief-poyuono-5'>ARIEF POYUONO</a>
OLEH: ARIEF POYUONO
  • Senin, 26 Oktober 2020, 18:42 WIB
Covid-19 Telah Mengubah Aturan Permainan
Ketua Umum Lembaga Pemantau Penanganan Covid-19 & Pemulihan Ekonomi Nasional (LPPC19-PEN), Arief Poyuono/Net
PERTAMA, pertarungan untuk keunggulan regional akan mengarah pada “persenjataan” teknologi, perdagangan, mata uang dan sistem pembayaran yang teratur.

Kedua, keseimbangan antara negara dan pasar akan berubah, yang merugikan pasar. Dan ketika negara semakin terjerat dalam sektor swasta, dinamika pasar untuk inovasi akan melemah, sementara jumlah perusahaan zombie meningkat. Pemain swasta dalam jaminan sosial, seperti asuransi jiwa, mungkin didorong ke dinding.

Peran negara yang tumbuh juga memiliki konsekuensi terhadap kebijakan moneter. Tingkat utang yang tinggi (tidak berkelanjutan) akan memaksa bank sentral untuk menghentikan pasar obligasi pemerintah dan obligasi korporasi untuk memastikan kondisi pembiayaan kembali yang menguntungkan.

Pada akhirnya, kebijakan moneter yang sangat ekspansif ini dapat melucuti pasar dari kemampuan mereka untuk menentukan harga dan mengalokasikan sumber daya secara tepat dan mendorong pengambilan risiko yang berlebihan baik oleh debitur maupun investor.

Namun, setiap awan memiliki lapisan perak, Covid-19 telah menunjukkan seberapa cepat perubahan itu mungkin, itu adalah perpisahan yang disambut baik dari struktur bertatahkan dan dorongan untuk digitalisasi. Cara kami bekerja telah berubah untuk selamanya.

Pekerjaan masa depan akan melihat kerja yang lebih jauh dan struktur tim yang fleksibel tetapi lebih sedikit perjalanan bisnis. Terakhir, ini juga telah meningkatkan kesadaran risiko masyarakat, termasuk untuk kemungkinan rendah, risiko dampak tinggi.

Hasilnya, lebih banyak permintaan dan harga perlindungan risiko yang lebih baik. Ini harus menjadi keuntungan bagi perusahaan asuransi, jika mereka dapat menawarkan solusi yang komprehensif dan sederhana.

Risiko Politik Bisa Kembali Seperti Boomerang

Peluang untuk Brexit tanpa kesepakatan telah meningkat menjadi 45 persen, sementara pemilu AS membuka jalan bagi jurang fiskal baru dan sengketa yudisial di akhir tahun. Pada 2021, perang teknologi antara AS dan China, ketegangan di Laut Mediterania, dan sengketa AS-Rusia akan tetap menjadi perhatian utama.

Risiko kesalahan kebijakan untuk pasar negara berkembang yang melonggarkan disiplin fiskal mereka untuk melawan krisis akan meningkat pada tahun 2022: Antisipasi kenaikan suku bunga AS akan terwujud saat itu dan kekhawatiran keberlanjutan utang dapat memicu tekanan pada mata uang pasar negara berkembang.

Meskipun ada pemulihan yang lebih kuat dari perkiraan dalam perdagangan barang di seluruh dunia, AS dan Eropa Barat mengikuti China, pemulihan ekspor Asia dan Eropa Timur yang sedang berkembang. Pada tahun 2021, kami memperkirakan peningkatan teknis + 7 persen dalam perdagangan global barang dan jasa, tetapi mengharapkan kembalinya ke tingkat sebelum krisis hanya pada tahun 2022 ketika jasa terus berjuang dan seruan untuk deglobalisasi muncul.

Sementara itu, hilangnya daya beli rumah tangga paling rentan akan sulit pulih. Keterpaparan asimetris terhadap kehilangan pekerjaan berarti pekerja muda, kurang berkualitas dan pekerja paruh waktu paling terpukul, menyiratkan pemulihan berbentuk K atau “ganda” dalam pengeluaran konsumen di masa depan.

Di mana pemulihan berbentuk K terjadi ketika ekonomi pulih secara tidak merata, dan ada lintasan terpisah untuk dua segmen masyarakat. Sementara pasar keuangan pulih dan tumbuh, ekonomi riil, atau arus barang dan jasa, menjadi lebih buruk. Itu mengkhawatirkan, karena 84 persen pasar saham dimiliki oleh 10 persen rumah tangga. Sementara pasar terus meningkat bahkan di tengah pandemi global, PDB dan tingkat pekerjaan turun.

Setelah efek mengejar ketertinggalan pasca-penguncian yang kuat, pemulihan ekonomi diperkirakan akan melambat pada Q4 2020 dan Q1 2021 karena langkah-langkah jarak diperketat lagi dan pemecatan pekerjaan yang sedang berlangsung membuat pengeluaran dan investasi terkendali.

Data Q2 telah mengkonfirmasi jalur pemulihan yang berbeda, dengan China dan mitra dagang Asia, Jerman dan Brasil melampaui negara Eropa Barat dan Amerika Serikat lainnya.

Pembalikan tren paling tajam dalam aktivitas harus terlihat mulai pada Q4 2020 di Eropa (terutama Spanyol, Prancis, dan Inggris), Amerika Serikat, dan di pasar negara berkembang seperti Brasil dan Meksiko. Dalam konteks ini, penghapusan bertahap langkah-langkah kebijakan sementara yang dirancang untuk mendukung perusahaan akan mengarah pada pembalikan tren besar dalam kebangkrutan bisnis, dengan kenaikan + 31 persen diharapkan pada akhir tahun 2021. rmol news logo article

Penulis adalah Ketua Umum Lembaga Pemantau Penanganan Covid-19 & Pemulihan Ekonomi Nasional (LPPC19-PEN)

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA