Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Acara Sedekah Bumi, Ridwan Kamil Tegaskan Komitmennya Kembangkan Pariwisata Kuningan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 18 Oktober 2020, 01:09 WIB
Di Acara Sedekah Bumi, Ridwan Kamil Tegaskan Komitmennya Kembangkan Pariwisata Kuningan
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat hadiri acara sedekah bumi/RMOLJabar
rmol news logo Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil menghadiri acara Sedekah Bumi di Pager Gunung Camp Site, Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Sabtu (17/10).

Kedatangan Gubernur disambut langsung, Bupati Kuningan Acep Purnama, Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, dan Kepala Desa Cibuntu Awam Hamara dengan diiringi upacara adat penyambutan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa bahagia dapat hadir menyaksikan langsung upacara adat Sedekah Bumi di Desa Cibuntu.

Diakui Kang Emil, sapaan akrabnya, Kabupaten Kuningan sangat kaya akan potensi wisata karena didukung oleh letak geografisnya yang berada di kaki Gunung Ciremai.

Menurut Kang Emil, tidak dipungkiri Kabupaten Kuningan mendapatkan perhatian lebih dari pihak Pemrov Jabar dalam pengembangan wisata.

"Saya ini sangat sayang kepada masyarakat Kabupaten Kuningan. Saking sayangnya, saya baru dua tahun jadi Gubernur, kurang lebih sudah ada 7 proyek yang sudah, yang sedang dan akan dibangun di Kabupaten Kuningan. Diantaranya adalah renovasi dan revitalisasi Alun-Alun Kuningannya langsung, kemudian Waduk Darma yang sedang kita perbaiki dan tahap satunya sudah selesai," tutur kang Emil, seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Pariwisata, dikatakan Emil merupakan sektor penting dan pariwisata adalah ekonomi yang paling baik. Untuk itu bagi desa-desa lain di Kabupaten Kuningan yang ingin mendapatkan Bantuan Gubernur dalam pengembangan pariwisata, untuk betul-betul menunjukan kinerja, konsep dan unggulannya.

"Makanya saya ucapkan terima kasih, Ibu dari STP Trisakti yang selalu membimbing pengembangan pariwisata Kabupaten Kuningan, saya kira itu adalah contoh kolaborasi yang baik," ujarnya.

Dalam upaya mendukung Desa Cibuntu sebagai Desa Wisata yang semakin maju dan berkembang, Emil mengatakan, untuk Tahun Anggaran 2021 Pemprov Jabar akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 5 Miliar bagi Desa Cibuntu, yang dialokasikan untuk pembangunan masjid sebesar Rp 2 miliar dan Rp 3 miliar untuk perbaikan-perbaikan pariwisata.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Kang Emil meminta masyarakat Desa Cibuntu untuk tetap mempertahankan adat dan budaya lokal yang memiliki kekhasan tersendiri.

"Untuk itu saya titip penampilannya, pakaiannya, pariwisatanya harus asli lokal, kalau mirip-mirip orang nanti banyak pilihan. Tapi Kalau unik, maka orang akan ingat, akan rindu untuk datang kevsini (Desa Cibuntu) lagi. Selamat melaksanakan Sedekah Bumi, jaga tradisi, karena sebaik-baiknya masyarakat adalah masyarakat yang punya identitas," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA