Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Delapan Program PMI Tangani Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 14 Oktober 2020, 18:23 WIB
Ini Delapan Program PMI Tangani Covid-19
Sekjen PMI, Sudirman Said/Repro
rmol news logo Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said menyampaikan delapan program yang menjadi prioritas PMI dalam penanganan pandemi virus corona baru (Covid-19) di Indonesia.

“Yang pertama itu edukasi publik, mendorong seluruh masyarakat, itu karena tadi puncaknya belum ketahuan apalagi turunnya di mana. Karena itu, cara seperti ini harus diteruskan, karena tidak ada hal yang lebih efektif kecuali menghindar jaga jarak dari kerumunan,” ujar Sudirman dalam acara diskusi virtual yang diselenggarakan Lembaga Survei KedaiKopi, bertajuk ‘Penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Pusat’, Rabu (14/10)

Yang kedua adalah pelibatan masyarakat dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

“Pemerintah tidak mungkin mengerjakan sendiri, karena itu bagaimanapun aparat pemerintahan terbatas jam kerjanya, dan ini harus menjadi perhatian masyarakat semua termasuk institusi terus mendorong itu,” katanya.

Program ketiga dari PMI yakni share the pain. Kata mantan Menteri ESDM ini, PMI mengupayakan bagaimana masyarakat mampu memiliki rasa untuk dapat berbagi kesulitan.

“Empat tentu saja mendorong health service, pelayanan kesehatan kita tahu aparat kesehatan kita sedang kerja keras luar biasa. Teman-teman di IDI menyampaikan 70-80 persen tenaga kesehatan mengalami kelelahan, kita harus memberikan support secara mental atau secara rescources,” katanya.

Yang kelima yakni menggerakkan grassroot, supaya para seluruh akar rumput bisa menolong minimal diri sendiri ini.

“Saya sampaikan ini sulaya menjadi agenda kira bersama agenda pemerintah agendanya sektor-sektor maupun organsiasi pmi dan teman-teman,” imbuhnya.

Ke-enam Menjamin ketersediaan kebutuhan dasar masyarakat. Tujuh memaksimalkan teknologi informasi supaya gerakan kampanye protokol kesehatan.

Yang terakhir, membangun saling percaya, mengurangi suasana kompetisi politik yang berlebihan.

“Mengurangi suasana saling menyerang, saling menyalahkan, trust building penting supaya dilakukan,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA