Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenangan Bersama Jakob Oetama

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/zainal-bintang-5'>ZAINAL BINTANG</a>
OLEH: ZAINAL BINTANG
  • Jumat, 11 September 2020, 09:51 WIB
Kenangan Bersama Jakob Oetama
Zainal Bintang/Net
HARI Rabu siang (9/9) mata saya tertancap berita penting di Kompas TV. Berita duka: Jakob Oetama dalam usia 88 tahun mengembuskan napasnya yang terakhir. Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun.

Jakob Oetama Lahir di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 27 September 1931, 18 hari lagi akan berulang tahun yang ke-89. Saya tidak akan nambah lagi komentar tentang keistimewaan almarhum. Kiprahnya di dunia jurnalistik, di pergaulan sosial, wartawan berintegritas, maupun sebagai pengusaha media yang piawai, semuanya sudah diberitakan.

Yang saya mau paparkan sisi “human interest” (kemanusiaan) almarhum. Sisinya yang bersahaja. Sesungguhnya disitulah tersembunyi kekuatannya.

Persentuhan saya yang mengesankan dengan Pak Jakob, terjadi tahun 1987 (kalau saya tidak salah ingat) waktu itu ada acara “Pertemuan Akbar Pemimpin Redaksi dan Pengurus PWI Se-Indonesia” bertempat di Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Entah ini, sudah acara yang ketiga atau keempat. Hanya boleh diikuti kurang lebih 257 media cetak yang punya izin. Di era Orba (Orde Baru) kehidupan pers khususnya media cetak dikontrol ketat oleh pemerintah melalui Deppen (Departemen Penerangan) dengan Menteri Penerangannya adalah Harmoko (1983-1993).

Pembicara di hari terakhir (hari kelima) acara itu, Menhankam/Pangab Benny Moerdani. Saya mendapat giliran sebagai penanya pertama. Malam itu Benny tampak malas dan suntuk. Mungkin kurang tidur karena baru tiba di Jakarta beberapa jam yang lalu, selesai mendampingi Presiden Soeharto dalam kunjungan kerja ke luar negeri.

Jenderal bintang empat yang antisenyum itu kurang semangat. Benny bertanya dengan ketus kepada peserta yang datang dari seluruh Indonesia, “Ngapain saudara-saudara ada di sini? Ini kan malam minggu. Mestinya Anda di tengah keluarga”.

Suasana langsung kaku dan tegang. Pimpinan sidang Zulharmans Said yang Ketua Umum PWI Pusat, segera membuka acara tanya jawab. Dia menyebut nama saya sebagai penanya pertama, itupun setelah saya angkat tangan tinggi-tinggi dan setengah menjulurkan kepala ke depan.

Maklum, mungkin koran saya “Barata Minggu” tergolong koran kecil (oplag) jadi kurang “diwongke”. Maklum baru delapan tahun di tangan saya. Tanpa sponsor pemodal. Tanpa kredit bank. Biaya pribadi. Hidupnya sangat susah bersaing dengan koran raksasa harian seperti “Kompas” dan “Sinar Harapan”.

Saya pertanyakan kepada Benny Moerdani, mengapa isi ceramahnya yang hampir sejam lebih banyak mengeritik pemberitaan di media cetak yang dianggapnya sering “free kick”.

“Mengapa bapak Jenderal tidak menyinggung juga belakangan ini banyaknya acara di televisi yang bertentangan dengan kepribadian dan nilai luhur budaya Indonesia,” kata saya.

Waktu itu satu-satunya televisi yang ada hanya TVRI. Punya pemerintah dan masih hitam putih. Serial di televisi yang saya gugat itu berjudul “Return To Eden” produksi Australia.

“Apakah Pak Jenderal tidak menonton acara itu di televisi?” kata saya mantap. “Tidak! Saya tidak nonton yang begituan. Saya cuma nonton 'Losmen',” jawab Benny tangkas.

“Losmen” adalah film seri Indonesia pada 1980-an yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari keluarga Broto yang mengelola sebuah losmen. Ditulis dan disutradarai pasangan Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing. Bintangnya Mieke Widjaja, Mang Udel, Mathias Muchus, Ida Leman, dan Dewi Yull.

“Return To Eden” ditayangkan serial tiap minggu selama beberapa tahun oleh TVRI. Dibintangi artis seksi Rebecca Giling, menampilkan gambar nyaris tanpa sensor. Intrik, free seks, adegan porno dan kekerasan, serta aneka ragam adegan pembunuhan hingga adegan panas di ranjang pun tidak disensor.

Mengaku hal itu bukan kompetensinya, Benny kemudian meminta penanggung jawab televisi untuk menjelaskan. Harmoko malam itu tidak ada. Yang diminta maju adalah Dirjen PPG (Penerbitan, Pers, Dan Grafika) Soekarno SH.

Dengan tergopoh-gopoh dia menuju meja sidang. Dia terlihat seperti baru bangun tidur. Mungkin tertidur duduk karena kelelahan sebagai panitia inti. 

“Maaf, tolong Pak Zainal Bintang mengulangi pertanyaannya,” katanya. Pejabat yang satu ini terkenal sangat santun dan lembut.
Ketika itu suara peserta menjadi gaduh dan bergantian berteriak, “Nah awas lo Bintang, izin kamu dicabut.” Ada juga yang bilang “Mampus deh kamu kawan. Izin kamu pasti dicabutlah. Ke laut lah koran kau Bintang,“ suara rekan wartawan dari Medan itu pastinya.

Teriakan itu sebenarnya adalah sindiran terhadap banyaknya pembredelan ataupun teguran lewat “sensor” telepon pejabat Deppen (Departemen Penerangan) terhadap beberapa media karena merugikan citra pemerintah.

Bahkan masih banyak koran yang izinnya belum dikeluarkan seiring adanya keharusan mengurus izin baru sebagai pengganti izin lama SIT (Surat Izin Terbit) menjadi SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers) berdasarkan UU Pokok Pers Tahun 1985. Termasuk koran saya yang izinnya masih ditahan oleh Departemen Penerangan, karena beritanya dianggap sering “offside” menyindir pemerintah. 
Dengan tenang saya menjawab,“Maaf pak Dirjen dan Pak Benny, atas nama keselamatan saya, maka pertanyaan saya tarik.” Suasana dalam ruangan tiba-tiba bergemuruh. Heboh. Tidak terduga. Dan mungkin terasa lucu.

Sesungguhnya suasana malah menjadi cair karenanya. Itu membuat Benny Moerdani dan rombongan punya alasan untuk segera mengundurkan diri dari acara.

Malam itu berlalu tanpa tanya jawab lagi. Sebagian besar peserta menuduh saya “pengacau”. Tapi, nyatanya ada juga yang memuji. Di antara yang memuji adalah Jakob Oetama.

Hal itu baru saya ketahui keesokan harinya menjelang penutupan acara. Pak Jakob memanggil saya. Kami bicara sebelum acara dimulai.

“Bung Zainal”, katanya memulai pembicaraan dengan dentuman huruf “B” yang “njawani” ketika mengucapkan kata “Bung”. Medok betul. Dan itulah ciri khas Pak Jakob.

“Saya mau tahu bung, apa yang ada di pikiran Anda, maka tiba-tiba memilih sebuah jawaban yang singkat dan cerdas begitu,” tanyanya.

Haahh…? Saya kaget dan heran dalam hati. Saya tatap wajah Pak Jakob yang terlihat serius tapi tetap dengan senyum lembutnya. Terlihat butuh jawaban yang jujur. Entah, substansi apa yang ditangkapnya dengan dalam perkataan saya ketika memutuskan membatalkan pertanyaan.

“Pak Jakob, maaf saya ini kan pemain teater juga film pak. Jadi sebagai seniman saya memutuskan cepat memberi jawaban yang teateral,” kata saya merendah. Setengah bercanda.

Ternyata Pak Jakob ikut tertawa tergelak-gelak tapi berusaha mengendalikannya. “Oh ya yaa. Saya mengerti. Saya mengerti. Pemain teater sih yaa”, katanya sambil mengangguk-angguk. Humoris juga orang ini yaa. Saya membatin.

Agenda tahunan “Pertemuan Akbar Pemred & Pengurus PWI Se-Indonesia” itu adalah sebuah tradisi yang digagas Harmoko stelah beberapa menjabat Ketua Umum PWI Integrasi hasil kongres pengurus “kembar” di Tretes, Malang, Jawa Timur (1971).

Dimulai akhir 1979 dan berakhir setelah beberapa tahun Harmoko diangkat menjadi Menteri Penerangan oleh Soeharto (1983-1993). Kongres PWI di Tretes berlangsung kurang dari setahun setelah kasus pengurus “kembar” di Palembang.

Kongres itu dilabel dengan frasa “integarsi” untuk menyatukan pengurus PWI yang terbelah dua pada saat kongres XIV di Palembang (1970) yang melahirkan dua pengurus, yakni PWI Diah dan PWI Rosihan.

Kedua kubu dedengkot wartawan itu berbeda pilihan. Yang satu mendukung BM Diah (Harian Merdeka), yang lainnya memihak Rosihan Anwar (Harian Pedoman)

Saya salah satu anggota delegasi dari PWI Sulawesi Selatan bersama beberapa senior, antara lain almarhum Rahman Arge tokoh wartawan dan seniman terkenal ke Tretes waktu itu. Dalam usia 24 tahun. Di situlah saya berkenalan dengan banyak tokoh pers nasional, termasuk Jakob Utama.

Beberapa tahun kemudian (1992), saya bertemu Pak Jakob lagi di kantor PWI Pusat di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Waktu itu saya pengurus Bidang Hukum PWI Jaya. Karena suatu keperluan organisasi saya ke kantor PWI Pusat.

Pak Jakob mengajak masuk ke ruangannya. ”Bung Zainal, Anda ini bahagia sekali ya. Anda bebas, Anda hiasi korannya dengan foto berwarna dan layout huruf-hurufnya pun berwarna juga.”

Saya kaget lagi. Pak Jakob sangat detail sekali pencermatannya. Sebagai generasi muda, dalam hati saya salut pada kerendahan hati pemilik koran besar yang mau memperhatikan dengan saksama koran “kecil”.

Almarhum menjelaskan dengan  mimik sedikit “sedih” mengatakan koran “Kompas” agak “cemburu”. Karena tidak bisa seenaknya mengubah layout. Terikat secara kebatinan dengan pembaca tradisionalnya yang masih “konservatif”.

Mayoritas pembaca “Kompas” adalah eksekutif papan atas. Termasuk Presiden Soeharto dan jajarannya. Almarhum merasa terikat secara moralitas untuk tetap bertahan dengan wajah “Kompas” yang hitam putih: yang klasik.

Era perkembangan teknologi modern beberapa tahun kemudian, memaksakan kompetisi pembaharuan perwajahan media cetak. “Kompas” pun terpicu menjawab permintaan pasar pembaca yang berubah. Generasi muda pembaca yang lebih modis dan trendi mendorong “Kompas” mulai terlihat “agresif”. Berimprovisasi menggunakan tata warna pada perwajahannya. Meski masih terkesan “malu – malu”.

“Ohh…Ok.Ok Pak Jakob, akhirnya tercapai jugalah cita-citamu”, kata saya dalam hati ketika setiap hari menemukan wajah “Kompas” sudah mulai “berani” warna warni.

Saya “mendekati” sosok seorang Jakob Oetama lebih menggunakan teori teater atau ilmu peran. Saya lebih suka menangkap dimensi lain yang disebut sebagai “gesture” (gerak-gerak kecil) kecil.
Gerak-gerak kecil almarhum yang saya ungkapkan itu justru adalah pertanda kekuatan besar yang sejatinya ada apa semua manusia. Tapi tidak banyak yang mampu mengelolanya menjadi energi positif. Dan Pak Jakob ada di situ: mampu mengelolanya.

Menatap upacara pemakaman almarhum di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata di layar televisi, wajah Pak Jakob berkelebat dalam ingatan saya ketika mendengarkan ratapan lirih lirik lagu “Ibu Pertiwi”. Lagu sedih yang patriotik favorit Pak Jacob.

“Kulihat wajah Pak Jakob. Menekan hatinya yang sedih. Tapi tetap senyum. Air matanya tertahan. Pesan moralnya tergenang”.

Selamat jalan Pak Jakob. Kehadiran dan kepergianmu dikenang. Pesan moralmu terkenang.rmol news logo article 

Zainal Bintang

wartawan senior dan pemerhati masalah sosial budaya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA