Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sayangi Bumi Dengan Bijak Dan Arif

Senin, 07 September 2020, 16:28 WIB
Sayangi Bumi Dengan Bijak Dan Arif
Ilustrasi/Net
BERKAH populasi adalah tantangan bagi kelompok manusia agar memikirkan apa yang tersisa dari proses metabolisme. Sisa metabolisme manusia sering kali menjadi masalah besar yang menuntut manusia itu sendiri serta kelompoknya agar masalah ini dapat ditangani dengan baik dan benar. Karena sisa metabolisme dapat menjadi racun juga menjadi masalah baru dari polusi udara, polusi air, dan polusi tanah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sampah, selain sisa metabolisme ada juga sisa hasil interaksi dan kebudayaan manusia juga menjadi masalah. Tak heran, banjir seringkali disebabkan oleh sisa-sisa kebudayaan manusia yang dibuang tanpa tanggung jawab ke sungai atau dibuang sembarangan kemudian hanyut terbawa hujan dan menyebabkan sumbatan air, ini adalah musibah yang disengaja.

Banyak metode ditawarkan untuk mengatasi sampah, bioteknologi memberikan solusi seperti komposisasi, gasifikasi sampah, hingga metoda pembakaran sampah. Selama ini, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) menjadi solusi pendek pikir yang diadopsi bertahun tahun.

Masalah-masalah TPS/TPA ini sudah diprotes oleh masyarakat umum, pun ditentang aktivis lingkungan. Namun karena peliknya masalah penanganan sampah, lokalisasi sampah adalah solusi instan penuh masalah.

PT. Hariff Daya Tunggal Engineering yang selama ini dikenal sebagai penyedia solusi teknologi dan komunikasi mengembangkan berbagai macam solusi penanganan sampah.

Teknologi Biomassa dan Bioaktivator dikembangkan Hariff untuk mengatasi sampah di sumbernya. Dengan solusi yang ditawarkan Hariff, pengurus RT/RW dapat dengan mudah mengatasi masalah tumpukan sampah menjadi sumber ekonomi rakyat.

Dengan teknologi yang dikembangkan Hariff, dengan mudah sampah diolah menjadi gas, pupuk cair, pupuk kompos, hingga briket batubara berkalori tinggi untuk industri.

Sampah yang benar-benar tak bisa diolah bisa dibakar dengan teknologi thermoplasma, sampah berbahaya pun dapat dimusnahkan dengan penanganan yang baik. Perusahaan teknologi asal Kota Bandung ini serius menggarap masalah masyarakat menjadi berkah bagi lingkungan dan kebudayaan.

Stigma negatif sampah yang selalu dianggap masalah, di tangan Hariff diubah menjadi berkah dan sumber ekonomi baru rakyat. rmol news logo article

Taufik Hidayat

Pemerhati lingkungan dan budaya, tinggal di Jakarta

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA