Mahavihara Nalanda

Ilustrasi

PADA masa pageblug corona, Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda di Jakarta ikut aktif menyelenggarakan berbagai upaya menanggulangi corona dengan jamu sebagai mahakarya kebudayaan kesehatan bangsa Indonesia. STAB Nalanda merupakan sebuah perguruan tinggi didirikan oleh masyarakat Buddha Indonesia. STAB Nalanda  memiliki saudara (sangat) tua yang berada di persada India.

Mahaviahra

Mahavihara Nalanda di India didirikan pada masa Siddharta Gautama sebagai pendiri Buddhisme dan Mahavira sebagai pendiri Jainisme. Di samping sebagai biara, Nalanda merupakan lembaga pendidikan dilengkapi asrama sebagai pemukiman para pengajar dan pembelajar tertua di dunia.

Menurut dokumen kuno yang ditemukan di Tibet, sang mahafilosof Buddhisme, Nagarjuna sempat menuntut ilmu dan mengajar di Gurukula (perguruan tinggi) Mahavihara Nalanda.

Pada masa kekuasaan Harshavardhana (abad VII) para musafir cendekiawan China seperti Faxian, Xuanzang, Yizing berziarah bahkan bermukim di Nalanda kemudian menulis banyak hal mengenai kehidupan spiritual dan intelektual di Nalanda. Mahavihara Nalanda terus berkembang pada masa dinasti Pala abad VIII sd XII sehingga juga tersohor sebagai sentra seni pahat batu dan perungu.

Gaya seni-pahat batu warisan peradaban Nalanda dapat disimak di candi Borobudur.  Setelah invasi kaum Mogul merangsek masuk ke Bihar, India sekitar tahun 1200, Nalanda dibumihanguskan maka ditinggalkan oleh para biarawan dan cendekiawan yang bermukim di Mahavihara  Nalanda. Pada tahun 2016 reruntuhan Nalanda diproklamirkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia.  

Nalanda International University

Di India masa kini, masyarakat Buddhisme di seluruh dunia bersatu untuk mendirikan kompleks baru Nalanda International University  di Bihar di atas lahan seluas lebih dari 400 acres dengan perlengkapan serba mutakhir ramah lingkungan. Sayang, angkara murka corona juga berdampak terhadap pembangunan Universitas Nalanda Internasional.

Proses pembangunan ragawi terhambat bukan akibat kesulitan finansial yang memperoleh dukungan dari masyarakat mancanegara pemerhati peradaban dan kebudayaan Buddhisme namun akibat protokol kesehatan pada masa pageblug Corona memustahilkan pembangunan dilakukan secara massal tanpa social dan physical distancing.

Maka panitia pembangunan Universitas Nalanda Internasional untuk sementara ini terpaksa memaklumatkan sebuah keputusan mirip penundaan Olimpiade 2020 bahwa peresmian Universitas Nalanda Internasional dengan berat hati terpaksa ditunda sampai Desember 2021.

Penulis adalah pembelajar peradaban dunia

Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Teka Teki Masa Corona
Jaya Suprana

Teka Teki Masa Corona

28 Februari 2021 23:16
Ujian Pertama Presisi, Polri Harus Hukum Berat Oknum Penjual Senjata Ke KKB Papua
Jaya Suprana

Ujian Pertama Presisi, Polri..

27 Februari 2021 03:21
Belajar Mikul Duwur Mendhem Jero
Jaya Suprana

Belajar Mikul Duwur Mendhem ..

26 Februari 2021 11:18
Asyik Beternak Lalat Serdadu Hitam
Jaya Suprana

Asyik Beternak Lalat Serdadu..

25 Februari 2021 09:34
Perjalanan Panjang Theorem Fermat
Jaya Suprana

Perjalanan Panjang Theorem F..

24 Februari 2021 10:47
Jasa Dan Dosa Tantalum Terhadap Peradaban
Jaya Suprana

Jasa Dan Dosa Tantalum Terha..

23 Februari 2021 10:12
Bingungologi Hurufologi E
Jaya Suprana

Bingungologi Hurufologi E

22 Februari 2021 10:09
Meniti Titian Lalatomologi
Jaya Suprana

Meniti Titian Lalatomologi

21 Februari 2021 09:20