Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahavihara Nalanda

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Rabu, 12 Agustus 2020, 19:46 WIB
Mahavihara Nalanda
Ilustrasi
PADA masa pageblug corona, Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda di Jakarta ikut aktif menyelenggarakan berbagai upaya menanggulangi corona dengan jamu sebagai mahakarya kebudayaan kesehatan bangsa Indonesia. STAB Nalanda merupakan sebuah perguruan tinggi didirikan oleh masyarakat Buddha Indonesia. STAB Nalanda  memiliki saudara (sangat) tua yang berada di persada India.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mahaviahra

Mahavihara Nalanda di India didirikan pada masa Siddharta Gautama sebagai pendiri Buddhisme dan Mahavira sebagai pendiri Jainisme. Di samping sebagai biara, Nalanda merupakan lembaga pendidikan dilengkapi asrama sebagai pemukiman para pengajar dan pembelajar tertua di dunia.

Menurut dokumen kuno yang ditemukan di Tibet, sang mahafilosof Buddhisme, Nagarjuna sempat menuntut ilmu dan mengajar di Gurukula (perguruan tinggi) Mahavihara Nalanda.

Pada masa kekuasaan Harshavardhana (abad VII) para musafir cendekiawan China seperti Faxian, Xuanzang, Yizing berziarah bahkan bermukim di Nalanda kemudian menulis banyak hal mengenai kehidupan spiritual dan intelektual di Nalanda. Mahavihara Nalanda terus berkembang pada masa dinasti Pala abad VIII sd XII sehingga juga tersohor sebagai sentra seni pahat batu dan perungu.

Gaya seni-pahat batu warisan peradaban Nalanda dapat disimak di candi Borobudur.  Setelah invasi kaum Mogul merangsek masuk ke Bihar, India sekitar tahun 1200, Nalanda dibumihanguskan maka ditinggalkan oleh para biarawan dan cendekiawan yang bermukim di Mahavihara  Nalanda. Pada tahun 2016 reruntuhan Nalanda diproklamirkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia.  

Nalanda International University

Di India masa kini, masyarakat Buddhisme di seluruh dunia bersatu untuk mendirikan kompleks baru Nalanda International University  di Bihar di atas lahan seluas lebih dari 400 acres dengan perlengkapan serba mutakhir ramah lingkungan. Sayang, angkara murka corona juga berdampak terhadap pembangunan Universitas Nalanda Internasional.

Proses pembangunan ragawi terhambat bukan akibat kesulitan finansial yang memperoleh dukungan dari masyarakat mancanegara pemerhati peradaban dan kebudayaan Buddhisme namun akibat protokol kesehatan pada masa pageblug Corona memustahilkan pembangunan dilakukan secara massal tanpa social dan physical distancing.

Maka panitia pembangunan Universitas Nalanda Internasional untuk sementara ini terpaksa memaklumatkan sebuah keputusan mirip penundaan Olimpiade 2020 bahwa peresmian Universitas Nalanda Internasional dengan berat hati terpaksa ditunda sampai Desember 2021. rmol news logo article

Penulis adalah pembelajar peradaban dunia

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA