Esensi Perjuangan Veteran Nasional bagi Pemberantasan Korupsi Di Indonesia

Senin, 10 Agustus 2020, 14:47 WIB

Ilustrasi/Net

HARI ini, Senin 10 Agustus 2020, kita khususnya para veteran pejuang kemerdekaan kembali memperingati Hari Veteran Nasional ke-71.

Jika mendengar kata veteran nasional, saya selalu teringat kisah betapa heroik para pejuang kemerdekaan negara kita, baik melalui pelajaran di sekolah maupun yang sering diceritakan ayah dan ibu sebagai dongeng penghantar tidur dan cerita tersebut hingga saat ini masih kuat melekat dalam ingatan saya.

Teringat juga masa-masa kecil, usai numpang nonton tv tetangga yang memutar film perang kemerdekaan (oleh Stasiun TVRI), saya bersama teman-teman sebaya bermain perang-perangan dimana saya selalu berperan sebagai pejuang dengan senapan yang terbuat dari pelepah pohon pisang.

Masih terngiang di telinga saya teriakan "Serbuu.." dan pekik "Merdeka, Allahu Akbar" dalam permainan perang-perangan yang biasa kami mainkan di kebun, sawah atau anak sungai musi dikampung halaman.

Dari kisah tersebut, banyak sekali tauladan kehidupan yang dapat kita petik mengenai bentuk nyata dari sebuah pengorbanan, keikhlasan, keberanian, dan tekad kuat dalam diri para pejuang kemerdekaan, sehingga rela mengorbankan jiwa, raga, dan harta dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan.

Tidak sedikit hikmah dari esensi sikap dan integritas para pejuang yang seyogianya kita terapkan untuk meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan yang dulu mereka rebut dengan darah dan air mata, salah satunya bersama-sama menumpas korupsi dan perilaku koruptif yang masih menjajah republik ini.

Saya teringat kata-kata Bung Karno "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, Perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsa sendiri.”

Ucapan Proklamator tersebut benar adanta, sekarang tugas kita akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri, meelawan para koruptor, melawan kebodohan, melawan kemiskinan, melawan ketertinggalan, melawan intoleransi dan melawan persekusi.

Korupsi bukan hanya kejahatan merugikan keuangan negara, bukan saja merugikan keuangan negara, tetapi korupsi merupakan bagian dari kejahatan merampas hak-hak rakyat, hak azazi manusia karena itulah bagi saya, korupsi adalah kejahatan melawan kemanusiaan (corruption is a crime againts humanity).

Bahkan banyak negara gagal mewujudkan tujuannya dikarenakan kejahatan korupsi. Karena itu, sudah saatnya seluruh anak bangsa berperan utk menghentikan korupsi dan mengangkat senjata bambu runcing yang tak lain menggunakan intergritas sebagai perlawanan terhadap korupsi.

Sama halnya dengan yang dilakukan para veteran waktu dulu, peran serta seluruh eksponen bangsa saat ini, sangat diperlukan dalam perang melawan laten korupsi yang telah merambak dalam setiap tatanan kehidupan di negara ini.

Memang, kita semua tentunya menyadari, menegakkan nilai-nilai integritas untuk selalu berperilaku jujur, menjaga diri dari sifat tamak, rakus akan nafsu duniawi memang sulit, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

Lihatlah para veteran nasional kita, mereka telah membuktikan bahwasanya sesuatu yang sulit bahkan mustahil sekalipun, dapat dilakukan dengan tekad yang kuat dan percaya apa yang diperbuat kelak akan dibalas di dunia maupun di akhirat.

Nilai-nilai perjuangan mereka, menjadi contoh dan pelajaran berharga yang tak lekang oleh waktu apalagi tergerus oleh perkembangan zaman sehingga tetap selaras dan menjadi semangat untuk menyelesaikan ragam persoalan yang datang silih berganti, serta permasalahan mendasar bangsa ini yaitu laten korupsi dan perilaku koruptif yang berurat akar di republik ini.

Insya Allah dengan andil segenap anak bangsa yang memiliki integritas kuat dengan moral, etika serta nilai-nilai agama, ketuhanan dan kejujuran menjadi karakter mereka, ditambah tiga strategi pemberantasan korupsi KPK yaitu pendekatan pendidikan masyarakat untuk membentuk mindset dan culture set baru antikorupsi, pendekatan pencegahan yang tujuan utamanya menghilangkan kesempatan dan peluang untuk korupsi, dan pendekatan penindakan dimana.

Ketiganya adalah core business KPK dalam pemberantasan korupsi serta dilaksanakan secara holistik, integral sistemik, dan sustainable sehingga perang dan menang melawan penjajah bernama korupsi bukanlah sekadar mimpi atau impian, namun dapat terwujud nyata sehingga Indonesia bersih dari segala bentuk korupsi.

Kita semua anak bangsa harus terus berkomitmen untuk memberantas korupsi dan kita wujudkan mimpi kita, bahwa bangsa kita di seluruh negeri, NKRI bersih dan bebas dari segala bentuk Korupsi.

Melalui peringatan  Hari Veteran Nasional, kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tinginya khususnya kepada  para Veteran negeri ini yang telah mengusir para penjajah. Jasamu bukan hanya kami ingat, kami kenang apalagi sekadar dibaca sebagai cerita sejarah perjuangan bangsa. Namun juga tauladan yang diberikan veteran nasional, akan terus bersemayam di hati, menjadi kultur bagi seluruh anak negeri, sebagai penyemangat bangsa ini mengisi kemerdekaan. Selanjutnya menjadi tanggung jawab seluruh anak bangsa untuk membangun masa depan, Indonesia bersih dan bebas dari korupsi.

Kita semua anak bangsa harus terus berkomitmen untuk memberantas korupsi dan kita wujudkan mimpi kita, bahwa bangsa kita di seluruh negeri NKRI bersih dan bebas dari segala bentuk Korupsi.

The state has given everything to us, So It is time for us to pay back what we can do to the state, to the people and to the beloved NKRI.”

Komjen H. Firli Bahuri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Kolom Komentar


Video

#KamiMasihAda Pemkot Fasilitasi Launching Album 30 Musisi Semarang

Kamis, 24 September 2020
Video

Tanya Jawab Cak Ulung - Ancaman dan Peluang Pilkada

Kamis, 24 September 2020

Artikel Lainnya

Menuju Kurva U Atau Ba’
Publika

Menuju Kurva U Atau Ba’

30 September 2020 13:45
Panggung PBB Dan Dunia Yang Saling Bergantung
Publika

Panggung PBB Dan Dunia Yang ..

30 September 2020 08:59
Menteri Rasa Kompeni
Publika

Menteri Rasa Kompeni

30 September 2020 04:05
Saya
Publika

Saya PKI!

29 September 2020 17:46
Skenario Politik Di Balik Desakan Mundur Erick Thohir
Publika

Skenario Politik Di Balik De..

29 September 2020 16:47
Pilkada Di Tengah Pandemi Covid-19
Publika

Pilkada Di Tengah Pandemi Co..

29 September 2020 12:58
Bank Dunia: Revisi UU Minerba Membahayakan Lingkungan Dan Ekonomi Indonesia
Publika

Bank Dunia: Revisi UU Minerb..

28 September 2020 19:45
Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK, Jangan Bernuansa Drama
Publika

Pengunduran Diri Pegawai KPK..

28 September 2020 08:04