Kisah Cinta Fidel Castro - Anna Maria: Rahasia Dan Agama

Fidel Castro sang pemimpin Kuba/Net

Kisah cinta rahasia antara 'Lider Maximo,' Fidel Castro sang pemimpin Kuba dan Anna Maria Traglia, keponakan Kardinal Vikaris Roma diungkap dalam sebuah buku baru berjudul ‘Fidel In Love’. Sebuah perselingkuhan antara ateis dan seorang Katolik yang taat berlangsung selama 40 tahun.

Anna Maria menceritakan pertemuan pertamanya dengan Fidel Castro pada 20 Mei 1975 di ibukota Kuba, Havana di Nuncature Apostolik.

“Aku tiba membawa seikat besar mawar merah yang sangat berduri untuk ditempatkan di bawah lukisan Madonna di ruang tunggu. Fidel ada di sana, mengisap cerutunya dan tampak bosan. Saya tidak memiliki pendapat yang tinggi tentang dia, juga karena propaganda AS terhadapnya, dan saya berpikir dia adalah monster kecil, seperti Stalin,” katanya, seperti dikutip dari Rfi.

Hari itu hidup Anna Maria berubah. Saat itu, dia berusia 27 tahun, sudah menikah selama 10 tahun dan telah memiliki dua anak kecil.

Ketika Fidel melihat Anna Maria yang mengenakan gaun biru sutra masuk, dia tiba-tiba bangkit dan pergi ke arahnya dan dengan kagum berseru “Musim Semi Botticelli.” Saat itu akan menjadi awal dari persahabatan dan hubungan cinta yang akan berlangsung selama empat puluh tahun.


Terhubung dengan Castro

Orang yang berperan penting dalam pertemuannya dengan pemimpin Kuba itu adalah seorang wanita bernama Margarita Alcalde, yang merupakan sekretaris pertama di kedutaan Kuba di Roma.

Anna Maria dengan santai bertemu Margarita pada bulan Oktober tahun sebelumnya dan meskipun ada perbedaan usia yang signifikan, mereka telah menjadi teman baik.

Margarita berbicara dengan antusias tentang negara pulau dan kepemimpinannya. Baginya, Fidel adalah "pahlawan, yang mengembalikan martabat rakyatnya dan membela hak-hak mereka."

Anna Maria mendengarkan dengan setengah hati, berpikir itu adalah tugas Margarita untuk mengembalikan reputasi Castro di luar negeri. Margarita berbicara tanpa henti kepada teman ltalianya itu tentang Kuba dan pemimpinnya sampai dia meyakinkan Anna Maria untuk berkunjung, hanya enam bulan setelah mereka bertemu.

Dia membantu mendapatkan undangan pemerintah untuknya dan suaminya, insinyur Giuliano, atas dasar bahwa ia dapat berkonsultasi untuk pemerintah Kuba dan memberikan solusi teknis untuk jalan raya 'Ocho Vias' yang akan dibangun di pulau itu.

Anna Maria bukan orang baru dalam hal bepergian, tetapi Havana mengejutkannya. Dia menceritakan bagaimana semua yang dia lihat setelah kedatangannya segera menariknya: gedung-gedung kebebasan yang terpelihara dengan baik, vegetasi yang subur dan Fidel.


Rahasia dan agama

"Di sana Anda mengembuskan sukacita hidup," katanya. Pertama kali Anna Maria mengunjungi Kuba dia tinggal selama empat bulan. Semua orang di Kuba tahu dia dan Fidel bertemu dan menghabiskan waktu satu sama lain, tetapi ini dirahasiakan di Roma.

Dia mengatakan mereka sering berbicara tentang agama dan Maria berhasil meyakinkannya untuk membuka sebuah gereja Katolik. Dia mengatakan Fidel sangat tertarik pada Vatikan dan dia berharap suatu hari dia akan mengunjungi kembali masa lalunya yang ateis.

Fidel telah memberinya rumah yang indah, La Casa de las Flores, yang dipenuhi bunga-bunga indah dan akan mengunjunginya di sana setiap pukul 11 malam setelah ia selesai dengan komitmen politiknya.

Dia menggambarkan hubungannya dengan Fidel sebagai sesuatu yang sejati dan agung, bahkan sangat agung. Maria mengalami cinta dan gairah yang belum pernah dirasakannya, dan pria yang kuat serta tangguh itu bisa ia taklukan dengan sifat Maria yang lembut, penuh kasih sayang dan sederhana namun luar biasa.

Kisah cintanya dengan Castro adalah objek dari buku baru ‘Fidel In Love: Cinta rahasia Lider Maximo’ yang ditulis oleh jurnalis dan penulis Paola Sorge yang diterbitkan di Italia pada 3 Juli.
EDITOR: RENI ERINA

Komentar


Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Polling 24 Tokoh Harapan, bersama Arief Poyuono dan Jerry Massie

Selasa, 23 Februari 2021
Video

Kunjungan Presiden Jokowi di NTT Undang Kerumunan Massa

Selasa, 23 Februari 2021
Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021

Artikel Lainnya

Riwayat Teluk Guantanamo, Dipinjam AS Dari Kuba Sejak 1903 Dan Dijadikan Penjara
Histoire

Riwayat Teluk Guantanamo, Di..

23 Februari 2021 06:14
Marsekal Muda TNI (Purn) Teddy Rusdy: Patriot Penyelesai Masalah
Histoire

Marsekal Muda TNI (Purn) Ted..

22 Februari 2021 17:20
Bencana Besar Bioskop Turin 1983, Puluhan Orang Tewas Terjebak Dan Terbakar
Histoire

Bencana Besar Bioskop Turin ..

13 Februari 2021 06:37
Usai Pelimpahan Tahap II Kasus Prokes, Habib Rizieq Dan Shobri Lubis Ditahan Di Bareskrim
Histoire

Usai Pelimpahan Tahap II Kas..

08 Februari 2021 22:16
Kim Il Sung, Kegigihan dan Pengabdiannya Dalam Membangun Tentara Korea
Histoire

Kim Il Sung, Kegigihan dan P..

06 Februari 2021 18:52
Tragedi Hitam Dalam Sejarah Manchester United 1958
Histoire

Tragedi Hitam Dalam Sejarah ..

06 Februari 2021 06:26
Kiprah Konga Jaga Ketertiban Dunia
Histoire

Kiprah Konga Jaga Ketertiban..

05 Februari 2021 08:39
Memelihara Damai di Negeri Bertikai
Histoire

Memelihara Damai di Negeri B..

05 Februari 2021 08:33