Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilihan Wagub DKI Hari Ini: Show Must Go On

Senin, 06 April 2020, 09:38 WIB
Pemilihan Wagub DKI Hari Ini: <i>Show Must Go On</i>
Dua Cawagub DKI/Net
AKHIRNYA yang ditunggu-tunggu datang juga, pemilihan Wagub DKI Jakarta, Senin, 6 April 2020 di tengah badai wabah virus corona (Covid 19).

Eh, Om Neta S. Pane berselancar dengan mendesak Kepolisian untuk membatalkan agenda yang sudah disusun dan direncanakan dengan sangat matang tersebut tapi wajar sih, kalau kita googling nama beliau dan calon wagub DKI, terlihat jagoannya siapa (jejak digital memang kejam bro).

Pertanyaannya: apakah aman dan mendesak?

Aman


Yang dimaksud aman dalam hal ini adalah dari sisi prosedural hukum dan sisi protap kesehatan, dimana dari sisi hukum pihak penyelenggara maupun Kepolisian RI telah berpijak kepada ketentuan yang diatur dalam pasal 24, pasal 25 PP No. 12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Propinsi Kabupaten dan Kota, yang juga secara umum diatur dalam UU 10/2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Aman dari sisi kesehatan, pertama protokol penanganan Covid-19 pasti dijalankan dan kedua hal tersebut adalah agenda politik dalam "skala terbatas" dimana penerapan social distancing akan dilakukan dengan melakukan rapat hanya beberapa orang saja dan selebihnya bisa dilakukan rapat secara virtual, yaah sepertinya yang sudah kita praktikan dengan istilah work from home sejauh ini.

Mendesak

Dibuatkannya sistem pemilihan kepala daerah secara berpasangan memiliki makna filosofis secara mendalam, artinya roda pemerintahan akan berjalan sempurna apabila dilakukan dengan bahu membahu oleh duet kepala daerah.

Dan untuk DKI Jakarta bagaimana? C'mon guys, saya kasihan melihat Mas Anies pontang-panting "bekerja sendirian" tanpa pasangannya melayani warga Jakarta apabila dengan wabah Covid-19 yang sangat deras menghantam Jakarta sekarang ini.

Terlebih lagi, ini kewajiban DPRD DKI Jakarta yang selama ini tertunda dan menguras energi begitu besar.

Mas Anies tidak boleh berjalan sendirian, you'll never walk alone, harus ada wakil yang bisa menjadi rekan yang dinamis dan tentunya ada warga Jakarta yang siap membantu gubernurnya.

ACTA berharap semoga pihak penyelenggara dan Kepolisian RI bisa menuntaskan agenda pemilihan wakil gubernur hari ini dengan lancar dan aman dari Corona, dan kita tunggu kiprah Wagub DKI yang baru. rmol news logo article

Hendarsam Marantoko
Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA