Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi V: Segera Eksekusi Program Padat Karya Tunai 2020, Untuk Kurangi Kesenjangan Pembangunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Maret 2020, 06:36 WIB
Komisi V: Segera Eksekusi Program Padat Karya Tunai 2020, Untuk Kurangi Kesenjangan Pembangunan
Presiden Tinjau Program Padat Karya Tahun Lalu/Net
rmol news logo Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho mendorong pemerintah untuk segera mengeksekusi Program Padat Karya Tunai (Cash for Work) 2020.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Percepatan program padat karya ini dimaksudkan untuk mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat pandemi virus corona.
 
Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan anggaran sebesar Rp8,64 triliun untuk program padat karya.  Irwan mengharapkan Kementerain lain pun bisa segera menyusul.
 
Anggaran Program Padat Karya Tunai 2020 digunakan untuk tujuh program, yaitu; Pembangunan Jembatan Gantung, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

“Kemudian program penataan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas),” ujar Irwan.

Irwan menegaskan program infrastruktur kerakyatan atau padat karya tunai sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Menurutnya, selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, program ini juga bertujuan mengurangi ketimpangan dan kesenjangan pembangunan antar wilayah.

“Serta ketimpangan taraf hidup masyarakat dari segi penghasilan apalagi dalam kondisi ekonomi bangsa di tengah wabah Corona seperti ini,” tutup Irwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA