Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terowongan Toleransi?

Senin, 10 Februari 2020, 18:02 WIB
Terowongan Toleransi?
Proyek Terowongan Istiqlal-Katedral/Net
SETELAH pikiran memindahkan ibukota ke daerah yang ternyata banjir, berlubang lubang bekas tambang, serta membangun dari nol, kini muncul pikiran dan agenda membuat "ikon toleransi" dengan membuat terowongan antara Masjid Istiqlal ke Gereja Kathedral.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pertanyaan awal dan mendasar, apa gunanya? Tempat pertemuan sembunyi-sembunyi atau agar dapat beribadah bergantian tempat?

Kadang sulit dimengerti cara berpikir sesaat yang tak matang atau mengikuti suara pembisik yang mungkin hanya sekadar cari muka. Jika untuk jalan masuk pendeta atau pastur menuju masjid sangat tidak tepat, sebab masjid bukan tempat yang bisa begitu saja "diinjak-injak" nonmuslim.

Begitu juga tidak ada kepentingan ustaz atau kiai yang berceramah atau ibadah di masjid harus datang ke gereja tanpa kepentingan apa pun.

Bagi jamaah dari kedua agama tentu tidak bermakna pula. Lalu untuk siapa manfaat terowongan?

Mungkin untuk turis. Tetapi gereja dan masjid bukan objek terbuka bagi turis yang keluar masuk dengan membayar tiket. Ini adalah tempat ibadah, bukan museum atau monumen sejarah.

Ikon toleransi? Rasanya tidak juga. Paling namanya "artificial icon". Sandiwara atau buat-buatan saja. Bisa-bisa malah menjadi ikon kebohongan. Namanya juga artifisial, bohong-bohongan.

Jika terowongan ingin bermakna bagi umum, sebaiknya ya jadi penyeberangan jalan. Dari trotoar ke trotoar. Jika pejalan harus selalu memasuki halaman, tentu tak baik dari segi estetika maupun keamanan. Untuk sekadar berfungsi sebagai penyeberangan, tak diperlukan sarana yang berbiaya tinggi.

Konon terowongan juga agar jemaat Katedral dapat parkir di halaman Istiqlal. Nah jika ini sebagai alasan, maka sederhana sekali hanya urusan parkir. Jadi, dari aspek apa pun terowongan ini jelas mubazir.

Alih-alih menjadi ikon "jembatan silaturahim" yang terjadi bisa fitnah. Jika terjadi apa-apa di gereja maka yang disalahkan bisa jamaah Istiqlal yang menggunakan terowongan.

Soal toleransi baiknya substansial, bukan dengan simbol. Fondasinya tetap "lakum diinukum wa liya diin". rmol news logo article

M Rizal Fadillah
Pemerhati Politik dan Keagamaan

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA