Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Menteri Lagi Kacau

Selasa, 28 Januari 2020, 13:22 WIB
Satu Menteri Lagi Kacau
Menteri Terawan Agus Putranto/Net
WADUH ini menteri gimana ya. Menkes Terawan di Menado menyatakan turis China dipastikan sehat. Padahal banyak negara menolak kedatangan wisatawan dari China karena khawatir turut menyebarkan virus corona yang sedang mewabah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bagaimana seorang Menteri Kesehatan berbicara sembrono soal menjaga kesehatan warga bangsanya. Malah membudak pada negara China dan khawatir pada hubungan tidak bagus kedua negara.

Semestinya Menkes bertanggungjawab pada keselamatan dan kesehatan rakyat Indonesia bukan menjaga Pemerintah atau rakyat China. Menteri yang tidak berperasaan. Perasaan rakyat yang khawatir pada virus mematikan.

Apakah tidak memperhatikan keadaan warga kota Wuhan sekarang yang telah menjadi "zombieland" mencekam dan menakutkan. Virus corona bukan kelas lokal tetapi berkualitas internasional. 13 Negara sudah terjangkit. WHO mengingatkan perlunya kewaspadaan.

Setelah sorotan pada Menteri Nadiem, Fachru Rozie, Mahfud, Yasonna, Luhut, Edi Prabowo, dan Erick, kini satu lagi datang Terawan Agus Putranto. Ini bagaimana nampaknya jajaran Menteri Presiden Jokowi payah payah. Apa Pak Presiden tidak membina dan mengarahkan? Atau sedang asyik dengan mainannya sendiri? Kemana bapak ketika wabah virus corona sedang bergerak mendunia? Jangan sampai rakyat Indonesia kini merasa tidak punya Presiden. Bagitu ketakutannya kah kita pada rezim komunis China?

Dokter, turis China yang datang ke Sulut jangan lupa dibawa ke Tomohon untuk menikmati khewan ekstrim seperti di Wuhan. Ada ular besar, anjing bakar, kucing, hingga tikus tikus. Sekalian agar virus nCoV berkembang biak. Pasar Segar Beriman Tomohon dekat Manado, lho dok.

Sebenarnya Kemenkes dengan epidemi virus corona  seharusnya menjadikan momen ini untuk melakukan sosialisasi atau penyuluhan intensif pada masyarakat. Peduli kesehatan. Mulai berolah raga, vitamin, vaksin, masker atau lainnya.

Bukan sebaliknya mempersilakan turis turis dari daerah wabah datang ke Indonesia. Ini bukan peduli kesehatan tapi sebaliknya. Menkes tidak memberi contoh bagus. Sejak awal Pak Terawan sudah juga kontroversial atas pengangkatannya. BPJS kesehatan belepotan. Nah kini jangan lagi buat masalah.

China bukan negara sahabat yang baik. Sekarang buat masalah sengaja atau tidak dan kita tetap harus waspada. Turis itu penting akan tetapi kesehatan masyarakat jauh lebih penting. Bukan begitu, dok. Kita sudah terlalu banyak dipusingkan oleh China. rmol news logo article

M Rizal Fadillah
Pemerhati politik

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA