Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menulis, Meneruskan Peradaban

Jumat, 27 Desember 2019, 13:52 WIB
Menulis, Meneruskan Peradaban
Ilham Bintang/Net
BUNG Ilham Bintang, yang kerap dipanggil ‘Raja Entertainment’ menenerbitkan buku nomor tujuh berdasarkan tulisan-tulisannya di tabloid Cek & Ricek.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Peristiwa ini patut dirayakan karena setiap buku baik yang terbit berfungsi meneruskan tradisi tulis menulis sejak ribuan tahun yang telah menjadi motor dari terbangunnya peradaban kontemporer manusia.

Berkat adanya buku maka ilmu pengetahuan berkembang cepat karena semua pemikiran yang tersimpan akan tersebar luas menjadi milik masyarakat.

Di sinilah peran penting seorang penulis sebagai tokoh yang ikut mencerdaskan dan ikut memajukan kehidupan bangsa.

Menulis bukanlah pekerjaan gampang apalagi bagi seorang wartawan karena apa yang ditulis mempunyai dampak bagi masyarakat.

Peristiwa yang ditulis harus nyata terjadi, lalu diperiksa sumber beritanya, kalau perlu didatangi sendiri sumber berita, pendapat dua belah pihak dimuat, dianalisis magnitudenya, dilakukan cek dan ricek.

Pada zaman internet sekarang, wartawan juga harus menulis dengan cepat sekali dengan resiko kesalahan karena waktu untuk cek dan ricek kurang.

Setiap saat seorang wartawan dan penulis buku-buku faktual menghadapi resiko digugat oleh mereka yang merasa dirugikan karena pencemaran nama baik atau reputasi.

Dengan terbitnya ‘Surat-surat Wasiat Mendiang Nana’, Ilham Bintang berhasil menunjukkan kepada para pembaca bahwa ia menguasai seni menulis yang ditekuninya sepanjang karirnya yang panjang di bidang jurnalistik dan sebagai penulis buku-buku yang enak dibaca, menghibur namun juga syarat dengan nilai-nilai kemanusiaan dan spiritual. Selamat Bung. rmol news logo article
 
Dr.Nasir Tamara

Ketua Umum Perhimpunan Penulis Indonesia SATUPENA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA