Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Catatan Fuad Bawazier: Nasihat Untuk Penguasa

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/fuad-bawazier-5'>FUAD BAWAZIER</a>
OLEH: FUAD BAWAZIER
  • Minggu, 01 Desember 2019, 22:47 WIB
Catatan Fuad Bawazier: Nasihat Untuk Penguasa
Kabinet Indonesia Maju/Net
SETIAP rezim di Indonesia biasanya punya senjata “pamungkas “ yang berbeda beda untuk membungkam atau melemahkan lawan lawan politiknya. Semasa Presiden Sukarno dengan tuduhan (fitnah) anti revolusi, kontra revolusi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ini tentu berbeda dengan tuduhan yang bukan fitnah seperti ketika penumpasan berbagai pemberontakan. Tuduhan yang fitnah itu tidak selalu dari sang Presiden tetapi bisa jadi dari yang dekat dengan sang Presiden misalnya PKI dan atau tokoh yang dekat atau sekitar Presiden Sukarno seperti Dr. Subandrio.

Semasa Presiden Suharto dengan tuduhan (fitnah) subversi dan atau anti Pancasila. Fitnah juga umumnya dari organisasi atau tokoh yang dekat dg Presiden Suharto. Ini berbeda dengan tuduhan yang bukan fitnah seperti penumpasan kekejaman G30S/PKI.

Sekarangpun dengan tuduhan yang umumnya juga tidak berdasar seperti radikal, intoleran, makar dsj. Fitnah fitnah ini juga mengganggu perkembangan demokrasi.

Semua fitnah atau tuduhan itu sama yaitu untuk menakut nakuti dan melemahkan lawan politiknya yang umumnya adalah umat islam yang mayoritas. Karena mayoritas Itulah maka  umumnya berakhir dg gagal atau kegagalan rezim.

Begitulah roda kekuasaan berputar dan bergilir. Tidak ada yang abadi. Makanya sebaik baik manusia adalah yang eling lan waspodo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA