Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penghargaan Panasonic Gobel Awards 2019 Untuk Ali Shahab & Arswendo Atmowiloto

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/ilham-bintang-5'>ILHAM BINTANG</a>
OLEH: ILHAM BINTANG
  • Jumat, 29 November 2019, 20:40 WIB
Penghargaan Panasonic Gobel Awards 2019  Untuk Ali Shahab & Arswendo Atmowiloto
Foto: Istimewa
PANASONIC Gobel Awards 2019 akan menganugerahkan penghargaan kepada mendiang dua tokoh Pertelevisian Indonesia, Ali Shahab dan Arswendo Atmowiloto.

Penghargaan untuk dua tokoh kampiun televisi itu ditetapkam dalan rapat  terakhir Team Core/Dewan Juri Panasonic Gobel Awards 2019, Jumat siang 929/11) di lantai 3 Gedung TVRI, Senayan, Jakarta.

Dewan Juri itu adalah Helmy Yahya, Ilham Bintang, Maman Suherman, Darius Sinatrya, Indra Yudhistra, Wendy Sofyan, dan Viya Asrawireja.

Penghargaan akan disampaikan  pada acara Awarding PGA 2019  Jumat (6/12) malam di Opus Grand Ballroom The Tribata, Jalan Dharmawangsah, Jakarta Selatan. Acara itu akan disiarkan secara langsung oleh Stasiun Televisi Indosiar.

Almarhum Ali Shahab mendapatkan Anugerah “Legend Award” atas kepeloporannya di dunia sinetron. Sedangkan mendiang  Arswendo Atmowiloto dianugerahi Lifetime Achievement atas jasa-jasanya  berkarya hingga akhir hayat.

Dua tokoh itu  pada  masanya merupakan insan televisi paling produktif. Karya-karyanya menginspirasi masyarakat. Ratusan karya multiflatform: novel, naskah drama, skenario film, sinetron serta karya penyutradaraan film dan sinetron. Keduanya sama pula memiliki rumah produksi yang menjadi pusat kreatifitas mereka.

Ali Shahab terkenal dengan serial televisinya “Rumah Masa Depan” (TVRI) sedangkan Arswendo Atmowiloto dengan serial “Keluarga Cemara” (TVRI).

Ali Shahab wafat 25 Desember 2018 dalam usia 77 tahun. Arswendo Atmowiloto meninggal dunia 20 Juli 2019.

24 Kategori

PGA tahun ini akan memberi penghargaan kepada program televisi, insan televisi, dan konten digital yang terfavorit. Terdiri atas 12 kategori Program, 8 kategori individu, 4 kategori kreator konten digital.  Ditambah penghargaan  Life Achievement Award dan Legend Award.

Nominasi atas seluruh penghargaan telah diumumkan Oktober lalu. Dilanjutkan dengan pemilihan terfavorit berdasarkan suara terbanyak dari hasil dari jejak pendapat pemirsa televisi melalui survei yang dikelola oleh Roy Morgan Research. Survey melibatkan 1.700 orang di 23 kota besar, 21 kota kecil di 17 propinsi Indonesia, termasuk Mataram Ambon dan Jayapura.

Hasil jajak pendapat yang menentukan Terfavorit telah disahkan juga okeh  Team Core/ Dewan Juri dalam rapat tadi.

Tahun ini  platform digital memang untuk pertama kalinya dikompetisikan di PGA. Ini menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi. Khusus untuk content digital itu dipergunakan aplikasi Blibli.com dan Vidio.com. Masyarakat seluruh Indonesia menentukan pilihan terfavorit dengan mengakses aplikasi Blibli.com dan Vidio.com. Akses itu dibuka sejak 18 Oktober hingga 15 November lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA