Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PW-LPPNU Jatim Dukung Program Mentan Sejahterakan Umat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 07 Juli 2019, 23:01 WIB
PW-LPPNU Jatim Dukung Program Mentan Sejahterakan Umat
Menteri Amran (tengah)/Net
rmol news logo Terobosan-terobosan yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyejahterakan petani dan umat membuat salut Nahdlatul Ulama.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (PW-LPPNU) Jawa Timur Ghufron Achmad Yani mengapresiasi berbagai program pro petani yang diluncurkan Kementan era Amran Sulaiman, seperti bantuan ayam untuk petani miskin, sapi, jagung, benih, pupuk, alat dan alat mesin pertanian. Termasuk, asuransi petani untuk antisipasi jika terjadi puso gagal panen terutama di wilayah Jawa Timur.

"PW-LPPNU Jawa Timur tulus menyampaikan apresiasi karena memang fakta obyektifnya berkata demikian. Wabil (terutama) khusus untuk Pak Amran karena beliau tipe orang yang sangat responsif, cepat hadir di tengah-tengah petani saat mereka mengalami kesulitan," demikian dikemukakan Achmad Yani di Surabaya, Minggu (7/7).

Kata Ghufron kecepatan Amran dalam merespon kebutuhan dan memberikan solusi ke petani yang tengah mengalami kesulitan mendapat nilai tambah di mata PW-LPPNU Jawa Timur. Salah satu contoh yang Ia sampaikan adalah saat harga bawang putih melambung.

"Saat harga ayam jatuh langsung ditangani. Ini luar biasa," kata pria yang akrab dipanggil Yani tersebut.

Mayoritas warga NU di Jawa Timur bermata pencaharian petani. LPPNU sendiri berperan mengadvokasi petani secara umum dan petani warga NU pada khususnya.

Tak hanya tanam padi atau jagung, berkat dukungan Kementan, saat ini mulai banyak warga Nahdliyin di bawah bimbingan NU yang mengembangkan hortikultura sayuran dan tanaman hias secara intensif. LPPNU mengambil peran dalam pendampingan teknologinya agar hasil petani optimal.

"Dalam waktu dekat kami akan launching ekspor bunga krisan. Ini akan kami replikasi ke seluruh wilayah Jawa Timur," tegasnya.

Kinerja Kementan selama kurun hampir 5 tahun terakhir diakui berbagai pihak banyak menunjukkan kemajuan. Bahkan, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dalam keterangannya di Jakarta terang-terangan menyebut pertanian di era kabinet Jokowi-JK terlihat paling membela petani khususnya warga NU.

"Pak Amran sudah mati-matian membela petani dengan memberi berbagai bantuan bibit, benih dan traktor. Menurut saya, baru kali ini ada menteri yang kinerjanya seperti itu," kata Said Aqil.

Menurutnya, hal tersebut saat berbicara di Rakernas dan Konsolidasi Tani Nelayan Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) PBNU Se-Indonesia di Grand Cempaka, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Tak cuma itu, lanjut Said Aqil, selain membela petani Amran juga dinilai sebagai sosok menteri yang membela warga NU. Terutama para santri muda yang tersebar di Pondok Pesantren (Ponpes) seluruh Indonesia.

"Baru kali ini warga NU mendapat perhatian dari Menteri, seperti Pak Amran. Sebelumnya tidak pernah ada perhatian. Padahal NU ini dibangun untuk mencintai tanah air dan yang paling dekat dengan kita adalah sektor pertanian," pungkas Kiai Said. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA