Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penelitian Lapangan Kementan Diharapkan Bisa Diimplementasikan Oleh Petani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 01 Juli 2019, 22:00 WIB
Penelitian Lapangan Kementan Diharapkan Bisa Diimplementasikan Oleh Petani
Foto: Istimewa
rmol news logo Hasil inovasi dan pengkajian para peneliti Kementerian Pertanian diharapkan dapat segera diimplementasikan oleh petani di lapang.

Harapannya, petani di masa mendatang tidak lagi tergantung pada produk teknologi yang dihasilkan oleh swasta.

“Bumikan varietas-varietas Badan Litbang di petani,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjri Jufri kepada para peneliti dan penyuluh BPTP Jatim dan Balitas di Jawa Timur, Senin (1/7).

Fadjri menambahkan, BPTP adalah ujung tombak diseminasi dan transfer teknologi hasil-hasil peneliti Litbang Pertanian. Selain itu lembaga ini juga dinilai berperan dalam upaya mengenalkan varietas, teknologi budidaya dan alat mesin hasil riset para peneliti kepada petani di daerah.

Untuk itu, Fadjri memotivasi peneliti di Litbang Pertanian lebih kuat lagi melakukan penelitian menghasilkan tanaman perkebunan yang baik. Pasalnya Dirjen teknis lainnya di Kementan berharap besar pada hasil varietas, Alsin dan teknologi budidaya dari Badan Litbang.

Ia juga mendorong Balai Penelitian menjalin kerjasama dengan lembaga Internasional, lembaga nasional dan daerah. Namun harus dikelola secara baik dan memberikan manfaat kepada institusi dan negara.

"600 inovasi teknologi Badan Litbang bukan hanya di buku atau di balai penelitian saja, tetapi juga digunakan dan bermanfaat untuk masyarakat,” tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA