Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pedagang Mudik, Kementan Terus Jaga Pasokan Dan Harga Bahan Pangan

Cabai Merah Keriting Di Toko Tani Hanya Rp 10 Ribu Per/Kg

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 31 Mei 2019, 11:13 WIB
Pedagang Mudik, Kementan Terus Jaga Pasokan Dan Harga Bahan Pangan
Foto:RMOL
rmol news logo Sejumlah harga pokok di pasar tradisional mulai naik karena para pedagang sudah banyak yang mudik Lebaran. Menghadapi situasi ini, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengadakan operasi pasar agar harga bahan pangan tetap stabil.

Operasi Pasar yang digelar BKP Kementan menyasar 10 pasar tradisional yang biasa dipakai warga untuk berbelanja kebutuhan dapur.

Truk yang mengangkut kebutuhan pokok dilepas langsung oleh Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi dari kantor di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jumat pagi (31/5).

"Operasi pasar ini berlangsung sejak hari ini (Jumat) sampai hari Minggu (2/6) besok," ujar Agung.

Bahan pokok yang didistribusikan kali ini adalah 3 ton bawang merah, 1 ton bawang putih, 2 ton cabai merah keriting dan 2 ton cabai rawit merah.

TTI menjual bumbu dapur ini dengan harga murah. Diantaranya cabai rawit merah hanya Rp 10.000 per kilogram, cabai merah keriting Tuban Rp 18.000 per kilogram, cabai merah keriting Sumedang Rp 20.000 per kilogram, bawang merah Brebes Rp 22.000 per kilogram dan bawang merah Batu Rp 20.000 per kilogram.

"OP dilakukan di pasar eceran yang menjual bawang dan cabagi dengan harga tinggi, berkisar antara Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per kilogram," jelasnya.

Kata Agung, kemungkinan penyebab harga di pasaran mulai tinggi karena penjual mulai mudik ke kampung halaman mereka masing-masing. Tak hanya itu, selama Lebaran sebagian pasar dan pedagang keliling juga berhenti beroperasi.

"Kami harus menjaga agar kebutuhan konsumen tetap terpenuhi dengan harga wajar menjelang hari H Hari Raya Idul Fitri," sebutnya.

TTIC yang berada di Pasar Minggu beroperasi setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Kata Agung, TTIC ini akan terus melayani masyarakat sampai dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri1440 H. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA