Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Harga Cabai Normal, Kementan Minta Stakeholder Beli Langsung Ke Petani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 13 Mei 2019, 21:43 WIB
Jaga Harga Cabai Normal, Kementan Minta Stakeholder Beli Langsung Ke Petani
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi/RMOL
rmol news logo Kementerian Pertanian (Kementan) terus memantau dan menjaga harga komoditas pangan selama bulan Ramadan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi dalam forum diskusi bertajuk Pengendalian Bahan Pangan, Gedung Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (13/5).

"Semua aman (pangan), kecuali saya akui kalau bawang merah, cabai bulan April naik karena belum masuk panen. Tapi bulan Mei-Juni panen, kita sudah lebih malah saya khawatir harga itu jatuh," ungkap Agung.

"Dua hari yang lalu saya ke Tuban (Jawa Timur) baca di berita berapa harga di sana, Rp 8.000 rupiah itu luar biasa. Di Kediri Rp 7.000 rupiah, saya khawatir harga justru turun, nah ini kita lindungi," tegasnya

Dengan ini Agung mengajak Bulog dan para pedagang untuk menyeimbangkan harga pangan untuk tidak turun, melalui pendistribusian ke sejumlah wilayah yang langsung dijual dari para petani.

"Makanya kami minta Bulog dan kawan-kawan para pedagang hey, ayo kita borong. Kita distribusikan ke tempat pedagang di sana, mau enggak? Beli di sana (petani) 8.000 ribu, Anda jual di (pasar) Kramatjati 15 ribu perkilo," jelasnya.

Sebelumnya, pascapanen raya cabai, para petani di Tuban berharap mendapatkan harga cabai yang tinggi, namun yang didapat malah harga yang rendah hingga akhirnya menjadi keluhan para petani.

Dengan kondisi itu, Tim Direktorat Jenderal Hortikultura bersama Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian bergerak untuk menemui para petani dan mengimbau para stakeholder untuk membeli cabai langsung dari petani.

"Hari ini tim kami langsung terjun ke Tuban. Kita klarifikasi dan cari solusi konkret bersama-sama. Jadi petani tidak mengalami kerugian, cabai petani kita bantu jual dengan harga sepantasnya," kata Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi.

Untuk diketahui, harga cabai rawit merah petani di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban saat ini hanya Rp 3.000 hingga Rp 4.000 rupiah perkilogram. Sedangkan normalnya di atas Rp 10.000 perkilogram dengan kondisi produksi cabai di sentra Tuban pada bulan ini 80 ton untuk cabai rawit merah dan 50 ton cabai keriting. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA