Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Operasi Pasar Tahap Dua, Kementana Gelontorkan 5 Ton Bawang Putih Dan 3 Ton Bawang Merah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 26 April 2019, 15:46 WIB
Operasi Pasar Tahap Dua, Kementana Gelontorkan 5 Ton Bawang Putih Dan 3 Ton Bawang Merah
Foto:Net
rmol news logo . Untuk mengendalikan harga bawang merah dan bawang putih yang masih mahal di pasaran, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian terus melanjutkan operasi pasar di sejumlah pasar tradisional di Jabodetabek lewat Toko Tani Indonesia Center (TTIC).

"Operasi pasar bawang merah dan bawang putih pertama dilaksanakan tanggal 12 sampai 16 April di sembilan pasar dan TTIC, dilanjutkan 18 sampai 21 April di lima pasar dan TTIC. Sampai dengan hari penjualan bawang merah dan bawang putih masih dilakukan di TTIC," ujar Kepala Bidang Distribusi Pangan Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Inti Pertiwi Nashwari kepada redaksi, Jumat (26/4).

Kata Inti, menurut standar pemerintah saat ini harga bawang merah dan bawang putih belum stabil. Karena berdasarkan standar BKP maka maksimal harga bawang putih adalah Rp 25.000 per kilogram dan harga bawang merah adalah Rp 30.000 per kilogram.

Untuk diketahui, harga bawang sesuai dengan aturan Permendag Nomor 96/2018 adalah sebesar Rp 32.000 ribu per kilogram.

"Harga bawang merah sudah turun jadi Rp 30 ribu per kilogram tapi di beberapa pasar masih ada yang mencapai harga Rp 40 ribu per kilogram. Dan harga bawang putih sudah turun jadi Rp 30 ribu per kilogram tapi masih ada yang Rp 45 ribu per kilogram," jelasnya.

Karena harga bawang putih dan bawang merah yang masih cukup tinggi itu, maka BKP Kementan terus melanjutkan operasi pasar.

Dijelaskan, BKP Kementan telah menggelontorkan 10 ton bawang bawang merah dan bawang putih saat operasi pasar tahap pertama. Untuk menekan harga di tahap kedua, pemerintah kembali menggelontorkan 5 ton bawang putih dan 3 ton bawang merah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA