Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lahan Rawa Salah Satu Kunci Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 25 April 2019, 03:04 WIB
Lahan Rawa Salah Satu Kunci Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia
Mentan Amran Sulaiman/Net
rmol news logo . Target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia dapat dicapai salah satunya melalui alih fungsi lahan rawa atau yang lebih dikenal sebagai Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Kalau dikelola dengan benar, maka produksi padi di lahan rawa bisa mencapai 9 kali lipat,” ujar Staf Ahli Kementan untuk Bidang Infrastruktur Dedi Nursyamsi dalam diskusi publik di Kantor Kementan, Ragunan, Rabu (24/4).

Ia menjelaskan bila selama ini Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sudah memasang target kuat, yakni menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.

Agar proses pengelolaan lahan rawa dapat berjalan lancar, maka tiga hal penting yang harus ditingkatkan adalah infrastruktur, teknologi ,inovasi dan sumber daya manusia.

“Kalau ini bisa dikelola kami yakin tujuan lumbung pangan dunia akan tercapai," katanya.

Menurut Dedi, program ini tak lepas dari upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan kelahiran penduduk hingga 1,34 persen. Atau dengan kata lain ada sekitar 3,5 juta yang membutuhkan makan.

"Di saat bersamaan banyak alih fungsi lahan. Maka itu peluang lahan rawa, baik yang pasang surut maupun tadah hujan sangat baik sekali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA