Lahan Rawa Salah Satu Kunci Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Kamis, 25 April 2019, 03:04 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

Mentan Amran Sulaiman/Net

. Target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia dapat dicapai salah satunya melalui alih fungsi lahan rawa atau yang lebih dikenal sebagai Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

“Kalau dikelola dengan benar, maka produksi padi di lahan rawa bisa mencapai 9 kali lipat,” ujar Staf Ahli Kementan untuk Bidang Infrastruktur Dedi Nursyamsi dalam diskusi publik di Kantor Kementan, Ragunan, Rabu (24/4).

Ia menjelaskan bila selama ini Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sudah memasang target kuat, yakni menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.

Agar proses pengelolaan lahan rawa dapat berjalan lancar, maka tiga hal penting yang harus ditingkatkan adalah infrastruktur, teknologi ,inovasi dan sumber daya manusia.

“Kalau ini bisa dikelola kami yakin tujuan lumbung pangan dunia akan tercapai," katanya.

Menurut Dedi, program ini tak lepas dari upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan kelahiran penduduk hingga 1,34 persen. Atau dengan kata lain ada sekitar 3,5 juta yang membutuhkan makan.

"Di saat bersamaan banyak alih fungsi lahan. Maka itu peluang lahan rawa, baik yang pasang surut maupun tadah hujan sangat baik sekali.
Editor: Azairus Adlu

Kolom Komentar


loading