Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SMK Andalusia Banyuwangi Segera Buka Jurusan Khusus Cokelat

Selasa, 09 April 2019, 21:42 WIB
SMK Andalusia Banyuwangi Segera Buka Jurusan Khusus Cokelat
Menteri Rini Soemarno/Net
rmol news logo PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII akan membuka jurusan cokelat di SMK Andalusia Glenmore, Banyuwangi pada tahun ajaran baru 2019 ini.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan siswa jurusan cokelat akan fokus pada materi agronomi, khususnya komoditas cokelat.

"Untuk keperluan pengajaran tersebut, PTPN XII juga akan melengkapinya dengan laboratorium. Alat-alat laboratorium rencananya dibantu Bank Mandiri. Jadi mereka akan kolaborasi, PTPN XII yang menyiapkan software-nya, hardware akan di-support Mandiri," jelas Anas, Selasa (9/4).

Sebagaimana diketahui, Pemkab Banyuwangi berkolaborasi dengan dua BUMN mengembangkan wisata cokelat di Doesoen Kakao, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Dua BUMN itu adalah PT Bank Mandiri Tbk dan PTPN XII. Fasilitas di destinasi itu bakal ditambah dengan pembangunan amphitheatre. Selain, pengembangan SDM bidang cokelat akan dilakukan.

Doesoen Kakao adalah kawasan wisata yang menjual eksotika perkebunan kakao lengkap dengan pengolahan cokelat. Dengan hawa sejuk khas dataran tinggi, kualitas cokelat terbaik, dan aspek historis, Glenmore menjadi favorit wisatawan terutama dari Eropa. Wisata ini juga dilengkapi pabrik pengolahan cokelat untuk wisata edukasi. Cokelat dari kakao di daerah itu telah diekspor ke Eropa dan berbagai kawasan lain di seluruh dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA