INOVASI DESA

Impian Menjadikan Morotai The New 10 Bali

Selasa, 26 Maret 2019, 22:55 WIB

Foto/Dok

Program Dana Desa yang digagas Presiden Joko Widodo berhasil mendongkrak perekonomian di desa, bahkan dampaknya dirasakan sampai ke daerah perbatasan.

Dengan dukungan Dana Desa, saat ini banyak menghasilkan destinasi wisata di daerah. Seperti di Desa Gorua, Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara yang berhasil menyulap pantai Leledana menjadi salah satu destinasi wisata andalan Maluku Utara.

Pulau Morotai merupakan pulau paling utara Indonesia. Pulau ini terkenal sangat indah lautnya. Sebagai daerah pesisir pantai, Pemerintah Desa Gorua berupaya menggarap potensi alam ini menjadi aset yang menghasilkan bagi desa.

Kepala Desa Gorua Muhdi Widara mengisahkan, bukan hal mudah mengajak warganya untuk ikut mencintai dan memelihara pantai, apalagi sampai dijadikan tempat wisata. Sebelumnya, Pantai Leledana yang memiliki pasir putih itu dibiarkan begitu saja oleh warga. Bahkan, banyak warga yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan pantai, dan membuang sampah di lokasi pantai.

Tapi, kata dia, sejak awal tahun 2018 kondisi itu mulai berubah. Selain melakukan pendekatan personal dengan warga, agar turut memelihara pantai, sedikit demi sedikit desa mengalokasikan dana untuk mempercantik pantai. Salah satunya membangun beberapa gazebo, memperbaiki akses masuk, dan taman kecil. Upaya tersebut memperoleh dukungan dari Dinas Pariwisata dan Pemerintah Daerah Kabupaten Morotai ketika berkunjung ke Pantai Leledana atas undangan Desa.

Dalam acara itu, perwakilan daerah setempat memberikan motivasi dan dukungan kepada masyarakat dan perangkat desa untuk mengembangkan wisata di Pantai Gorua. Hal itu sesuai dengan perintah dari Bupati Morotai. Apalagi, sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo, ada 10 daerah yang masuk dalam program 10 Bali Baru atau The New 10 Bali. Daerah tersebut nantinya akan dikembangkan potensi wisatanya dan menjadi destinasi wisata seperti Bali.

"Sesuai dengn Program Presiden Joko Widodo, wisata pantai di Pulau Morotai masuk ke dalam program 10 Bali Baru itu. Karena itu, warga semakin semangat mengembangkan potensi wisata Pantai Leledana. Pemerintah daerah Mororai pun sering memberi penyuluhan kepada warga. Sekarang Pantai Leledana sangat bersih dan terawat dengan baik," jelasnya.

Saat ini, Muhdi menjelaskan, semua warga desa bekerjasama menjaga kebersihan pantai. Bahkan ada tenaga sukarelawan dari 50 pemuda desa yang setiap hari bergantian untuk menjaga dan merawat Pantai Leledana.

"Renovasi pantai terus kami lakukan. Upaya untuk menjadikan Pantai Leledana sebagai destiniasi wisata pun terus dilakukan. Kami juga terus meminta Dinas Pariwisata supaya terus memberikan penyuluhan kepada warga," jelas Muhdi.

Kolom Komentar


loading