Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

INOVASI DESA

Mimpi Bangun Wisata Agrowisata Dari Dana Desa

Minggu, 17 Maret 2019, 23:59 WIB
Mimpi Bangun Wisata Agrowisata Dari Dana Desa
Bono Park/Net
rmol news logo . Warga Desa Bono memiliki program besar pengembangan Bono Park. Dengan dukungan Dana Desa, taman bunga itu akan dijadikan agrowisata di Kabupaten Klaten.

Sekretaris Desa Bono, Tulung, Kabupaten Klaten, Jiono menjelaskan, awalnya Bono Park itu dibangun dengan Dana Desa.

Jiono menceritakan, berdasarkan musyawarah warga desa, disepakati bahwa Bono Park harus menjadi destinasi wisata agrowisata di Kabupaten Klaten. Untuk mewujudkan impian itu, tahun ini musyawarah Desa Bono akan membuat proposal perencanaan dan site plan kepada pemerintah daerah Kabupaten Klaten.

"Tahun 2019 ini kami fokus membuat site plan dan proposal untuk membangun agrowisata. Sedangkan pembangunan agrowisata itu akan dimulai tahun 2020," jelas Jiono.

Nantinya, mereka juga akan menggunakan sebagian besar Dana Desa untuk mengembangkan Bono Park. Hal itu sesuai dengan program Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2019, penggunaan Dana Desa harus difokuskan untuk pemberdayaan masyarakat desa.

Bahkan untuk membuat site plan, Jiono menjelaskan sudah bekerjasama dengan konsultan dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk membantu melakukan perencanaan pembangunan agrowisata Bono Park. "Dana Desa tahun 2019 akan kami gunakan untuk mulai mengembangkan Bono Park. Target kami wisata agrowisata Bono Park sudah dibangun," jelasnya.

Jiono mengungkapkan, Bono Park tidak hanya wisata taman bunga, tapi jiga menjadi tempat edukasi untuk pertanian. Karena nantinya, Bono Park alan ditanami tanaman hidroponik dan berbagai macam tanaman pertanian.

Sementara, dukungan anggaran untuk membangun agrowisata tidak sedikit, Jiono mengungkapkan, dalam site plan dan proposal, disebutkan paling tidak butuh anggaran Rp 1 miliar.

"Anggaran yang kami butuhkan dari Dana Desa tentunya bertahan. Totalnya sekitar Rp 1 miliar. Tahap pertama mungkin sekitar Rp 500 juta," ungkapnya. Inovasi Desa rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA