Vaksin 14 Ribu Dosis Dikirim Ke NTB Cegah Rabies

Sabtu, 23 Februari 2019, 04:29 WIB | Laporan: Faisal Aristama
Untuk mencegah meluasnya kasus rabies di Nusa Tenggara Barat, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian telah mengirimkan vaksin sebanyak 14 ribu dosis.

"9 ribu dosis dikirim ke Dompu, 2 ribu ke Bima dan 3 ribu ke Sumbawa," Direkur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Syamsul Maarif dalam keterangannya di Jakarta, Jum'at (22/2).

Vaksi berguna untuk mengebalkan hewan. Berdasarkan data Pemda Kabupaten Dompu saja, sejak Oktober 2018 hingga saat ini tercatat sebanyak 619 orang digigit anjing dimana enam orang diantaranya meninggal dunia. Sementara awal tahun 2019 telah ditemukan adanya kasus Rabies pada hewan dan kasus lyssa pada manusia di Kabupaten Dompu.

Kabupaten Sumbawa kemudian dinyatakan sebagai daerah Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies dengan Surat Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 389 tahun 2018 tanggal 8 Februari 2019.

"Temuan kasus rabies pada hewan membuat Pemerintah Kabupaten Sumbawa segera bertindak cepat dan bersikap proaktif dengan melibatkan seluruh instansi terkait bersama dengan masyarakat," tutur Syamsul.[dem]
Editor:

Kolom Komentar