Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu: Ucapan 'Yang Gaji Kamu Siapa' Bukan Pelanggaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 23 Februari 2019, 00:58 WIB
Bawaslu: Ucapan 'Yang Gaji Kamu Siapa' Bukan Pelanggaran
Rudiantara/Net
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan bahwa pernyataan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara terkait pernyataan 'yang gaji kamu siapa' bukan pelanggaran kampanye.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilu," demikian surat pemberitahuan status laporan yang ditandatangani Ketua Bawaslu Abhan.

Dalam surat tertanggal 22 Februari 2018 itu dijelaskan bahwa putusan sudah melalui kajian Bawaslu. Bawaslu tidak bisa menindaklanjuti kasus tersebut karena Rudiantara dinilai tidak melakukan kampanye saat menyindir ASN pemilih pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Berdasarkan hasil penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan yang masuk dan hasil kajian pengawasan pemilu,  diberitahukan status laporan tidak dapat ditindaklanjuti," masih tertulis dalam surat itu.

Dengan keputusan itu Rudiantara dinilai tidak terbukti menguntungkan dan atau merugikan salah satu pasangan capres-cawapres atas ucapannya soal 'yang gaji kamu siapa'.

Rudiantara sebelumnya dilaporkan ke Bawaslu atas tuduhan melakukan tindakan yang mengutungkan dan merugikan salah satu peserta pemilu.

Yeyet Nurhayati, sang pelapor, menuding Rudiantara menguntungkan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf dan merugikan Prabowo-Sandiaga lantaran menggiring opini publik untuk tidak memilih paslon nomor urut 02.

Kasus bermula saat Rudiantara meminta para pegawainya memilih desain stiker sosialisasi pemilu 2019 di sebuah acara Kominfo di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (31/1). Ada dua desain stiker yang perlu dipilih. Stiker pertama dominan warna merah dan diberi tanda nomor satu, desain lainnya berwarna dasar putih dan ditandai nomor 2.

Rudiantara meminta salah seorang yang memilih nomor 2 naik ke panggung. Dia menanyakan alasan pegawai tersebut memilih nomor 2.

"Bismillahhirrahmanirrahim, mungkin terkait keyakinan saja Pak. Keyakinan atas visi misi yang disampaikan nomor dua, yakin saja".

Rudiantara lantan mengingatkan pertanyaannya menyangkut desain stiker dan bukan pilpres 2019. Di akhir dialog Rudiantara sempat berucap, "Bu, yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa?".[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA