JK Percaya Orang Jakarta Bisa Disiplin Pakai MRT

Rabu, 20 Februari 2019, 18:13 WIB | Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Jusuf Kalla dan rombongan meninjau Stasiun MRT di MH Thamrin/RMOL

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengajak masyarakat Jakarta untuk disiplin menjaga MRT Jakarta yang akan segera dioperasikan pada Maret mendatang.

MRT atau Moda Raya Terpadu harus dipelihara dengan cara tidak melanggar aturan yang sudah ditentukan PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta). Karenanya, sosialisasi aturan mesti digencarkan oleh PT MRT.

"Sosialisasi mengajak masyarakat, karena disiplin itu tanpa pengawasan. Kalau orang diawasi terus-menerus, itu tidak disiplin, jadinya warga takut karena diawasi. Disiplin itu dari dalamnya warga sendiri," jelas JK saat meninjau Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).

Lebih spesifik, JK meminta warga tidak melakukan vandalisme terhadap aset transportasi MRT.

JK optimis warga akan mengedepankan disiplin dalam menggunakan MRT bercermin dari suksesnya Asian Games 2018. Masyarakat Jakarta ikut andil dalam menjaga ketertiban lalu lintas sepanjang Asian Games yang berlangsung 18 Agustus sampai 2 September 2018.

"Sudah mulai dari waktu Asian Games, orang di Jakarta begitu disiplin," tutur JK.

Pembangunan fase pertama MRT Jakarta (MH Thamrin - Lebak Bulus) sepanjang kurang lebih 16 kilometer sudah rampung 98,6 persen. Rencananya, MRT akan mulai beroperasi untuk umum dan bebas tarif mulai 12 Maret, lalu dibuka secara komersil pada akhir Maret. Sedangkan tarif MRT belum ditentukan alias masih dibicarakan di level pemerintah dengan pengelola.

JK sempat menjajal MRT mulai dari stasiun Bundaran HI hingga Lebak Bulus, Jaksel. Dia didampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; dan Direktur Utama MRT Jakarta, William Syahbandar.

Hadir juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii. [ald]
Editor: Aldi Gultom

Kolom Komentar


loading