Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Garnisun Perlu Bantu Sekolah Tanamkan Nilai Patriotisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 19 Februari 2019, 07:36 WIB
Garnisun Perlu Bantu Sekolah Tanamkan Nilai Patriotisme
Brigjen TNI Herianto Syahputra bersama AM Putut Prabantoro/Dok
rmol news logo Garnisun Tetap (Gartap) I/Jakarta perlu membantu sekolah-sekolah dasar dan menengah Indonesia khususnya Jakarta dalam pembentukan jati diri bangsa (character building) bagi para muridnya.

Pembentukan jati diri bangsa tersebut dilakukan dengan menanamkan rasa hormat dan cara menghargai bendera merah putih melalui upacara bendera.

Dengan upacara bendera itulah semua murid dingatkan Pancasila, teks Proklamasi, dan Pembukaan UUD 1945.

Demikian ditegaskan alumnus Lemhannas PPSA XXI, AM Putut Prabantoro dalam acara penyegaran yang diikuti oleh staf Gartap I/Jakarta di Kantor Komando Garnisun Tetap I/Jakarta, Senin (18/2). Acara penyegaran yang berjudul 'Wajah Indonesia' juga dihadiri Kepala Satuan Gartap I/Jakarta, Brigjen TNI Herianto Syahputra.

Menurut Putut yang konsultan komunikasi publik, setiap tahun ada satu momentum di mana Gartap I/Jakarta bertanggung jawab atas terselenggaranya Upacara Hari Raya Kemerdekaan RI dengan membentuk Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan seleksi putra-putri pilihan dari seluruh Indonesia.

Dalam waktu satu bulan penuh, Paskibraka akan digembleng dan dilatih dengan disiplin yang tinggi agar secara jasmani dan rohani siap mengemban tugas yang berat sebagai pengibar bendera pusaka.

"Dengan disiplin tinggi setiap anggota Paskibraka ditempa untuk menghargai, menghormati dan mencintai bendera merah putih. Dan bendera merah putih itu tidak bisa dilepaskan dari negara, bangsa dan tanah air Indonesia," paparnya.

"Artinya, pendidikan Paskibraka itu secara tidak langsung membangun cinta kepada negara, bangsa dan tanah air Indonesia. Karakter bangsa yang seperti inilah yang seharusnya memang ditanamkan kepada anak-anak sekolah dasar dan menengah," jelas Putut.

Dalam konteks inilah, urai Putut lebih lanjut, upacara bendera menjadi salah satu sarana membangun jati diri bangsa dalam diri para murid sekolah dasar ataupun menengah agar timbul rasa hormat, menghargai dan cinta kepada negara, bangsa serta tanah air.

Garnisun perlu membantu sekolah-sekolah dalam membangun karakter tersebut.

Hampir dipastikan minimal setiap sebulan sekali, sekolah mengadakan upacara bendera dan itu dibutuhkan Paskibra. Sementara menjadi Paskibra perlu persiapan khusus melalui latihan rutin.

"Garnisun perlu mengajak sekolah-sekolah dasar untuk terlibat dalam upacara penurunan bendera di Garnisun, misalnya. Setiap hari ada upacara penurunan bendera,  setiap hari itu juga ada sekolah yang dilibatkan dalam upacara rutin tersebut," ujar Putut.

Atau paling tidak, lanjut Putut, Garnisun turun ke sekolah-sekolah untuk membantu sekolah dalam mendidik para Paskibranya.

"Bagaimana cara menghormat kepada bendera, bagaimana harus berjalan membawa bendera dan lain sebagainya. Atau kalau perlu diadakan lomba Paskibra. Ini cara yang sederhana kelihatannya namun perlu disiplin yang tinggi,' terang Putut.

Selain itu, Putut juga mendorong Garnisun untuk memfasilitasi pendidikan sejarah bangsa bagi murid sekolah dasar dan menengah melalui kunjungan ke Taman Makam Pahlawan (TMP).

Menurut dia, TMP adalah tempat yang tepat di mana para generasi baru dapat belajar tentang para pahlawan bangsa dan negara secara nyata.

Di sini pula, pembangunan karakter bangsa ditanamkan bagaimana sebagai bangsa menghargai dan menghormati para pahlawannya serta nilai-nilai kepahlawanan.

"Adalah tugas dari Garnisun untuk mendekatkan TMP kepada para murid agar mereka tidak asing dengan para pahlawan. TMP juga sekaligus merupakan tempat para generasi baru belajar ideologi negara dan nasionalisme," tegas Putut.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA