St. Vincent, Gelorakan Semangat Perempuan Bermusik

Kamis, 14 Februari 2019, 09:38 WIB

St. Vincent/Net

Annie Clark alias St. Vin­cent tampil bareng Dua Lipa di Grammy Awards 2019, akhir pekan lalu. Pro­duser dan musisi Amerika ini tampil bersama Lipa membawakan Masseduction hingga One Kiss.

Lipa diumumkan menang untuk kategori Best New Artist sesaat setelah tampil. "Sangat banyak perempuan! Aku rasa tahun ini para perempuan telah melangkah maju," katanya.

Pernyataan itu jawaban dari tagar #GrammySoMale yang berkembang tahun lalu. Hal ini direspons baik pula oleh St. Vincent. "Aku rasa ia sangat keren kar­ena berkata demikian," ujar Vincent. "Orang-orang yang termarginalisasi selama ini terus menerus dibisiki mitos bila mereka bekerja lebih keras keberadaan mereka bisa langgeng."

Mantan pacar lesbian Cara Delevingne ini menggelora­kan perempuan untuk mem­buat industri musik menjadi setara. Hal itu ia buktikan sendiri dalam penggarapan album Masseduction yang banyak melibatkan pelaku musik perempuan. Saat Vincent menerima peng­hargaan Best Rock Song untuk Masseduction, salah satu yang disebut olehnya adalah Laura Sink. "Dia perempuan yang tangguh," ujarnya. ***

Kolom Komentar


loading