Penutupan Parsial Pemerintahan AS Awal Tahun Ini Pecahkan Rekor Terlama

Sabtu, 12 Januari 2019, 15:54 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Trump/Net

Penutupan parsial pemerintahan Amerika Serikat yang terjadi sejak akhir Desember lalu memecahkan rekor terpanjang.

Hari ini (Sabtu, 12/1), merupakan hari ke-22 penutupan parsial dilakukan. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, di mana penutupan pemerintahan terpanjang terjadi selama 21 hari pada tahun 1995 hingga 1996 di bawah pemerintahan Presiden Bill Clinton.

Hingga saat ini, masih belum ada titik terang dari masalah anggaran pembangunan tembok perbatasan Meksiko yang diminta Trump namut dicegat Demokrat di Kongres. Hal ini menyebabkan penutupan pemerintahan mustahil selesai dengan segera.

Akibat penutupan, sekitar seperempat dari pemerintah federal masih tidak beroperasi sampai rencana pengeluaran disetujui. Hal itu meninggalkan 800 ribu karyawan federal tidak dibayar.

Pada hari Jumat (11/1), para pekerja termasuk penjaga penjara, staf bandara dan agen FBI, melewatkan gaji pertama mereka tahun ini.

Sementara itu, Trump telah menenangkan spekulasi bahwa ia akan mengumumkan keadaan darurat nasional untuk melewati Kongres dan mendapatkan uang yang dibutuhkannya. Dinding perbatasan yang diusulkannya adalah janji pemilihan utama.

Dia menggambarkan deklarasi darurat sebagai "jalan keluar yang mudah" dan mengatakan dia akan lebih memilih Kongres untuk menyelesaikan masalah.

Tetapi dia menambahkan bahwa dia punya hak untuk menetapkan keadaan darurat.

"Jika mereka tidak bisa melakukannya, saya akan mengumumkan keadaan darurat nasional. Saya memiliki hak mutlak," tegas Trump, seperti dimuat BBC. [mel]
Tag:

Kolom Komentar


loading