Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merasa Dicurangi Di Pemilu, Capres Ini Klaim Unggul 60 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 12 Januari 2019, 03:16 WIB
Merasa Dicurangi Di Pemilu, Capres Ini Klaim Unggul 60 Persen
Pemilu Bangladesh/Net
rmol news logo Calon presiden yang kalah dalam pemilu Kongo, Martin Fayulu mengklaim bahwa dia sebenarnya memenangkan pemilu yang digaelar akhir tahun lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tim kampanye Fayulu mengklaim memiliki bukti bahwa kandidatnya telah mencetak lebih dari 60 persen suara dalam pemilu yang diwarnai kekerasan tersebut. Dia mengkalim unggul 42 poin lebih banyak dari Félix Tshisekedi, yang dinyatakan sebagai pemenang oleh komisi pemilihan awal pada Kamis (10/1).

Dalam pidatonya kepada ratusan pendukung yang berkumpul di ibukota, Kinshasa, pada hari Jumat (11/1), Fayulu mengecam apa yang disebutnya kemenangan yang dicuri orang dan mengatakan dia akan mengajukan tantangan terhadap hasil resmi di pengadilan konstitusi pada Sabtu pagi (12/1).

Tokoh-tokoh Fayulu dipahami dekat dengan mereka yang dihimpun oleh gereja Katolik yang berpengaruh, yang mengerahkan 40.000 pengamat pada hari pemilihan.

Gereja telah menolak untuk mengungkapkan siapa yang menang sesuai dengan temuannya, tetapi para diplomat memberikan penjelasan singkat tentang data gereja yang mengatakan itu menunjukkan kemenangan yang jelas bagi Fayulu, sejalan dengan jajak pendapat pra-pemilihan yang menempatkannya setidaknya 20 poin di depan Tshisekedi.

Angka-angka yang dirilis kubu Fayulu juga sangat mirip dengan yang dikutip dalam ratusan halaman dokumen yang dibocorkan oleh seorang pengungkap fakta dan diteruskan ke media The Guardian pada Kamis malam (10/1).
Meski begitu, dokumen-dokumen tersebut juga tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

Seorang juru bicara komisi pemilihan membantah bahwa ada perbedaan antara hasil yang dipublikasikan secara resmi - yang memberi Tshisekedi 38 persen, unggul empat poin dari Fayulu, dan angka-angka lain yang dikumpulkan oleh badan tersebut. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA