Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Tunjuk Eks Ketua Partai Jadi Perdana Menteri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 11 Januari 2019, 18:38 WIB
Taiwan Tunjuk Eks Ketua Partai Jadi Perdana Menteri
Tsaii Ing Wen dan Perdana Menteri Baru/Reuters
rmol news logo Pemerintah Taiwan menunjuk mantan ketua partai pro-kemerdekaannya yang berkuasa sebagai perdana menteri yang baru pada hari ini (Jumat, 11/1).

Penunjukkan ini dilakukan setelah perdana menteri sebelumnya, William Lai yang mengundurkan diri bersama dengan seluruh kabinet, sebagai tanggapan atas kekalahan dalam pemilu lokal akhir tahun kemarin.

Presiden Taiwan Tsai Ing Wen menunjuk Su Tseng-chang, mantan ketua dua periode Partai Progresif Demokratik (DPP) untuk duduk di kursi perdana menteri Taiwan. Dia mengatakan bahwa Taiwan menghadapi tantangan di tengah meningkatnya ancaman China dan ketegangan perdagangan antara pendukung utama Amerika Serikat dan China.

"Demokrasi dan pembangunan Taiwan harus menghadapi tantangan tertentu," kata Tsai, seraya menambahkan bahwa China ingin memaksakan struktur "satu negara, dua sistem" di pulau itu.

Menanggapi hal itu, Su bersumpah untuk memimpin pemerintahan di tengah tantangan dan belajar dari kesalahan sebelumnya.

"Situasinya sulit dan tugasnya berat," katanya seperti dimuat Reuters.

Pengangkatan Su mengikuti pengunduran diri William Lai. Dia adalah perdana menteri kedua yang berhenti sejak Tsai menjabat pada tahun 2016 lalu.

"Saya harus mengundurkan diri untuk bertanggung jawab atas kekalahan dalam pemilu," kata Lai dalam rapat kabinet sebelumnya.

Dalam sistem pemerintahan Taiwan, perdana menteri bertugas untuk membentuk kabinet dan menjalankan pemerintahan sehari-hari. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA