Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Entas Kemiskinan, Mentan Tebar Ayam Kampung Unggul Untuk 11 Ribu RTM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 11 Januari 2019, 17:59 WIB
Entas Kemiskinan, Mentan Tebar Ayam Kampung Unggul Untuk 11 Ribu RTM
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman/RMOL
rmol news logo . Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan hampir 600 ribu ekor ayam kampung petelur unggul. Bantuan tersebut merupakan program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Ini diberikan kepada 11 ribu lebih Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Kiara Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening , Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat," kata Amran di lokasi, Jumat (11/1).

"Kita semua berharap dengan bantuan ini cita-cita Desa Mandiri Bibit Ayam Kampung Unggul dapat terwujud," imbuhnya.

Selain ayam, Amran juga menyerahkan bantuan berupa mesin tetas sejumlah 96 unit kepada 48 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Tasikmalaya.

"Dengan semangat dan optimisme para peternak, pengembangan ayam kampung unggul yang berkelanjutan akan menambah pendapatan," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Amran yang didampingi Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum sempat meninjau langsung hasil panen.

Telur hasil produksi RTM ini panen bibit anak ayam umur 1 hari (day old chicken) yang diusahakan oleh BUMDES Bumdes Amanah Desa Kiarajangkung.

"Sekarang kita sudah lihat langsung, dulu 6 bulan lalu, kita serahkan ayam kecil sekarang sudah bertelur. Dan kita kawal lakukan pendampingan kandangnya gratis, pakannya gratis, vitaminnya gratis, obatnya gratis, sampai menghasilkan kita lepas pindah lagi ke tempat lain," kata Amran.

"Tahun ini karena berhasil kami siapkan seluruh Indonesia 20 juta ekor ayam. Ini ayam kampung," sambung Amran menambahkan. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA