Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China-Korsel Dukung Konsesi Dua Sisi AS-Korut Demi Denuklirisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 10 Januari 2019, 23:00 WIB
China-Korsel Dukung Konsesi Dua Sisi AS-Korut Demi Denuklirisasi
Ilustrasi/Net
rmol news logo China dan Korea Selatan meminta konsesi dari Amerika Serikat dan Korea Utara, menjelang KTT kedua yang mungkin dilakukan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan pada hari Kamis (10/1) bahwa dia akan bekerja sama dengan komunitas internasional untuk setidaknya sebagian meringankan sanksi demi memungkinkan beberapa usaha bisnis dan pariwisata antar-Korea. Sambil kemudian mencatat bahwa Pyongyang perlu mengambil langkah berani menuju denuklirisasi untuk memenangkan konsesi dari Washington.

"Saya pikir Korea Utara tahu bahwa mereka jelas harus melakukan denuklirisasi untuk pelonggaran sanksi internasional, dan Amerika Serikat juga memahami bahwa perlu ada tindakan yang sesuai untuk mempercepat denuklirisasi Utara," kata Moon di Gedung Biru Seoul, seperti dimuat Reuters.

Sementara itu di kesempatan berbeda, Presiden China Xi Jinping menjamu Kim di Beijing awal pekan ini. Dia mengatakan bahwa dia berharap Amerika Serikat dan Korea Utara akan bertemu satu sama lain di tengah jalan.

Pyongyang dan Washington sendiri telah berjuang untuk menemukan terobosan meskipun janji oleh Kim pada pertemuan puncak dengan Trump di Singapura pada Juni tahun lalu untuk bekerja menuju denuklirisasi di semenanjung Korea. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA