Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Telkom Resmikan Mataram Sebagai Modern Broadband City

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 19 Desember 2018, 12:36 WIB
Telkom Resmikan Mataram Sebagai <i>Modern Broadband City</i>
Peresmian Mataram Modern Broadband City/Telkom
rmol news logo PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. kembali membuktikan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan Information & Communication Technology (ICT) melalui modernisasi jaringan melalui fiber optic.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Keberhasilan modernisasi infrastruktur telekomunikasi 100 persen fiber optic di Mataram menjadikan Mataram sebagai Modern Broadband City ke-90. Peresmian Mataram Modern Broadband City dilakukan Wali Kota Mataram Ahyar Abduh bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin di Mataram, Rabu (19/12).

Ahyar Abduh sangat mengapresiasi peluncuran Mataram Modern Broadband City. Menurutnya, pembangunan infrastruktur telekomunikasi milik Telkom tersebut telah menyejajarkan Kota Mataram dengan kota-kota besar lainnya.

"Kecepatan akses internet yang didukung fiber optic diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian digital di Kota Mataram," ujarnya.

Ahyar Abduh berharap, sinergi antara pemerintah kota dengan Telkom yang telah terjalin dapat lebih ditingkatkan agar kota Mataram dapat meningkatkan pelayanan publik dalam rangka mewujudkan kinerja pemerintahan yang baik.

Sementara itu, Zulhelfi mengatakan bahwa pada era digital ini, modernisasi infrastruktur 100 persen fiber optic di berbagai wilayah Indonesia diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan broadband berkualitas.

Peresmian Mataram Modern Broadband City dilaksanaan bersamaan dengan shutdown atau mematikan Sentral Telepon Otomat (STO) Mataram sebagai simbol keberhasilan modernisasi infrastruktur telekomunikasi di Kota Mataram. Dengan modernisasi jaringan menjadi fiber optic, masyarakat dapat merasakan pengalaman baru menikmati layanan ICT berkualitas, termasuk akses internet berkecepatan tinggi.

"Modernisasi STO Mataram ini merupakan bukti komitmen Telkom untuk terus membangun infrastruktur broadband di seluruh Indonesia untuk mempercepat terbentuknya masyarakat digital Indonesia," kata Zulhelfi.

Dia menjelaskan, kehandalan Mataram Modern Broadband City didukung oleh 40 ribu port fiber, 578 Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel dan 1100 access point Wifi.id. Adapun, modernisasi infrastruktur serta migrasi pelanggan di Mataram telah dilaksanakan sejak 2014 melalui penggantian kabel tembaga menjadi fiber optic.

Untuk wilayah Nusa Tenggara Barat telah digelar kabel optic sepanjang 2154 kilometer. Infrastruktur tersebut juga didukung 976 BTS Telkomsel dan 1530 access point Wifi. Sementara untuk memaksimalkan layanan IndiHome di wilayah tersebut, Telkom telah menggelar 79 ribu port fiber.

"Telkom terus membangun infrastruktur jaringan digital dan menyediakan berbagai layanan digital melalui program Indonesia Digital Network untuk menjadi motor penggerak pembangunan masyarakat digital dan mempercepat pembangunan ekonomi di Indonesia, sejalan dengan cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," tutup Zulhelfi. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA