Inilah Daftar Penerima Penghargaan PUPR 2018

Minggu, 09 Desember 2018, 04:40 WIB | Laporan: Dar Edi Yoga

Penghargaan PUPR 2018/Net

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memberikan sejumlah penghargaan kepada daerah. Penghargaan diserahkan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/12) lalu.

Ada empat kategori penghargaan yang diberikan, mulai dari Kategori Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol, Kategori Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Kategori Waste to Energy, dan Kategori Inovasi Penerapan Teknologi Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR.

Adapun Kategori KPBU Jalan Tol tingkat provinsi diraih oleh Kalimantan timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara yang secara berurutan meraih juara 1, 2, dan 3.

Sementara juara satu di tingkat kabupaten/kota diraih Kabupaten Probolinggo disusul, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Nganjuk.

Pemenang KPBU SPAM tingkat provinsi diraih Jawa Timur dan tingkat kabupaten/kota disabet Kota Bandar Lampung.

Kategori Waste to Energy dimenangkan Kota Surabaya disusul Kota Balikpapan, dan Kabupaten Malang.

Sedang untuk kategori Inovasi Penerapan Teknologi Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR tingkat provinsi dimenangkan Nusa Tenggara Barat (NTB) disusul Jawa Tengah, dan Riau.

Tingkat Kabupaten/Kota dimenangkan Kabupaten Kendal, Kabupaten Morotai, dan Kabupaten Musi Banyu Asin.

Tidak hanya itu, Kementerian PUPR juga memberi penghargaan kepada para mitra kerjanya. Seperti penghargaan PDAM Terbaik 2018 Kategori Jumlah Pelanggan lebih dari 100.000 Sambungan Rumah yang dimenangkan PDAM Tirta Pakuan, Kota Bogor; 50.001 hingga 100.000 diraih PDAM Tirta Asasta, Kota Depok; Kategori Jumlah Pelanggan 20.001 hingga  50.000 diraih PDAM Buleleng, Kabupaten Buleleng; 10.000 hingga 20.000 diraih PDAM Tirta Segah Berau, Kabupaten Berau; dan kurang dari 10.000 diberikan kepada PDAM Apa’ Mening, Kabupaten Malinau.

Ada juga Penghargaan Penilaian Kinerja Penyelenggara Pembinaan Jasa Konstruksi yang diberikan Kementerian PUPR. Di mana kategori Mitra Kerja Terbaik dalam Pembinaan Jasa Konstruksi Nasional diraih PT. Brantas Abipraya (Persero).

Sedangkan Kategori LPJK Tingkat Provinsi dengan Kinerja Terbaik dimenangkan LPJK Provinsi Jawa Tengah disusul LPJK Provinsi Sulawesi Tenggara, dan LPJK Provinsi Maluku.

Terakhir, Kementerian PUPR memberikan Penghargaan Komunitas Peduli Sungai (KPS). Penghargaan ini diraih Provinsi DKI Jakarta melalui KPS Mat Peci (Masyarakat Peduli Ciliwung); Provinsi Kalimantan Timur oleh KPS Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS SKM); Provinsi Bali oleh KPS Tukad Bindu; Provinsi Nusa Tenggara Barat oleh KPS KMPS Ibra; Provinsi Jawa Timur oleh KPS Ecoton; dan Provinsi Kalimantan Barat lewat KPS Komunitas Sungai Putat Pontianak. [ian]

Kolom Komentar


loading