Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perindo Dan PSI Paling Berpeluang Lolos Ke Senayan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 07 Desember 2018, 05:37 WIB
Perindo Dan PSI Paling Berpeluang Lolos Ke Senayan
PSI/Net
rmol news logo Kehadiran partai baru dan non parlemen dalam kancah Pemilu Legislatif 2019 tidak boleh dipandang sebelah mata.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Enam partai itu tentu berpeluang masuk ke Senayan pada periode mendatang.

Survei terbaru yang dirilis Indonesia Elections and Strategic (Index) Research mencatat dua partai non parlemen yang berpeluang besar lolos parliamentary threshold. Yakni Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Dengan memperhitungkan margin of error survei, Perindo dan PSI berpeluang menembus ambang batas parlemen sebesar empat persen," ujar Direktur Index Research Vivin Sri Wahyuni kepada redaksi, Jumat (7/12).

Dia menguraikan bahwa Perindo memiliki elektabilitas 2,9 persen. Dengan margin of error atau tingkat kesalahan survei sebesar plus minus 2,9 persen, maka Perindo berpotensi lolos.

Menurut Vivin, kekuatan media menjadi faktor utama Perindo dalam menggalang basis dukungan.

"Menguasai media massa dan sudah eksis sejak lama membuat nama Perindo melekat di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara PSI memiliki elektabilitas 1,2 persen. Serupa dengan Perindo, PSI masih berpeluang lolos jika ditilik dari angka margin of error.

"Dengan memperhitungkan margin of error survei, PSI berpeluang menembus ambang batas parlemen sebesar empat persen," ujar Vivin.

Daya tarik PSI terhadap masyarakat adalah keberanian partai besutan Grace Natalie itu untuk tampil berbeda dengan koalisi pendukung Joko Widodo.

Selain itu, PSI juga menaruh kepedulian pada isu pemberantasan korupsi dan mengambil sikap tegas dalam isu-isu sensitif terkait intoleransi.

"PSI dengan keras menolak keberadaan berbagai peraturan daerah keagamaan atau sering disebut sebagai perda syariah," jelas Vivin

"Kelompok moderat yang biasanya apatis dengan politik merasa tersuarakan oleh PSI," pungkasnya.

Adapun, hasil survei yang digelar pada 11-20 November tersebut menjabarkan bahwa Partai Bulan Bintang (PBB) sebesar 0,5 persen, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 0,3 persen, Partai Garuda 0,2 persen, dan Partai Berkarya 0,1 persen. Dengan angka elektabilitas tersebut, ke empat partai akan sulit masuk parlemen.

Survei Index sendiri melibatkan 1200 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Menggunakan metode multistage random sampling, hasil survei mendapatkan tingkat kepercayaan 95 persen. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA