Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pushidrosal Ambil Alih Kendali ENC Dari Singapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 06 Desember 2018, 15:19 WIB
Pushidrosal Ambil Alih Kendali ENC Dari Singapura
Chief Hydrographer Singapura Perry Oei dan Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro/Net
rmol news logo Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan dunia pelayaran internasional mulai percaya dengan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal ini seiring dengan penunjukan Pushidrosal sebagai administrator Bagan Navigasi Elektronik atau Electronic Navigational Chart (ENC) di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura.

Serah terima itu dilakukan di pertemuan The 3rd Implementation Committee Meeting Joint Hydrographic Survey of The Straits of Malacca and Singapore yang dihelat di Grand Mercure Hotel, Medan, 5-6 Desember 2018. Sebelumnya, administrator ENC tersebut dipegang pihak Singapura.

“Ini merupakan apresiasi kinerja yang sudah dilakukan oleh Pushidrosal dalam menyiapkan peta untuk menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran,” kata Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/12).

Harjo menjelaskan bahwa kerja sama survei hidrografi negara pantai di Selat Malaka dan Selat Singapura  sudah berlangsung selama 40 tahun. Survei bersama yang dilakukan pada tahun 2018 / 2019, akan digunakan untuk pemutakhiran ENC di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura .

“Sehingga dapat menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran di kawasan tersebut,” pungkasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA