Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masih Tertinggal, Pendidikan Indonesia Harus Berlari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 30 November 2018, 15:41 WIB
Masih Tertinggal, Pendidikan Indonesia Harus Berlari
Foto/MPR RI
rmol news logo Ketua MPR RI yang juga Ketua Badan Pembina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Zulkifli Hasan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Menara Guru Mu di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Zulkifli menjelaskan, di manapun negara di dunia tidak ada yang tidak membutuhkan guru. Semua membutuhkan guru dan memerlukan pendidikan. Bahkan keberhasilan pendidikan akan mempengaruhi wajah dunia di masa yang akan datang.

"Sudah ada penelitian yang menggambarkan sembilan negara penguasa dunia di masa depan, antara lain Singapura, Makao, Korea Selatan, Hongkong dan Vietnam, sementara Indonesia tidak masuk dalam urutan ke sembilan negara tersebut," paparnya di FKIP Uhamka, Pasar Rebo, Jakarta, Jumat (30/11).

Sembilan negara yang diperkirakan akan menguasai dunia itu karena memiliki sistem pendidikan yang baik. Di negara-negara tersebut, generasi mudanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, juga pelajaran matematika secara baik. Sedangkan Indonesia, saat ini hanya menempati urutan 62.

"Sumber daya manusia kita masih jauh dibanding negara-negara lain, apalagi yang menempati sembilan negara teratas. Karena itu, kita harus mengejar, kita harus berlari agar tidak semakin jauh ketinggalan," ujar Zulkifli.

Dia mengaku mendukung segala upaya yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas guru pada khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.

"Semua itu memang penting. Agar bangsa Indonesia bisa menghasilkan generasi muda yang semakin berkualitas di masa yang akan datang," imbuh Zulkifli yang juga ketua umum Partai Amanatn Nasional (PAN). [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA